Cegah Covid-19, Polsek Semampir Bersama Unsur Tiga Pilar Gelar Operasi Yustisi di Pasar Pegirikan

0
126

Surabaya, (Gerakjatim.com) – Upaya mencegah penyebaran Covid-19, Polsek Semampir Polres Pelabuhan Tanjung Perak bersama unsur Tiga Pilar, kembali menggelar Operasi Yustisi di sekitaran Pasar Pegirian, Jalan Nyamplungan, Rabu pagi, (07/10/2020).

Foto : Kapolsek Semampir Kompol Aryanto Agus, A.Md., melakukan sidak operasi Yustisi di dalam pasar Pegirikan.

Kegiatan yang di pimpin langsung Kapolsek Semampir Kompol Aryanto Agus, A.Md., bersama unsur Tiga Pilar merupakan bentuk implementasi Inpres nomor 6 tahun 2020, tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019, serta Perda nomor 2 tahun 2020 dan Pergub Trantibum Jatim nomor 53 tahun 2020 tentang sanksi pelanggar protokol kesehatan ini dilaksanakan pukul 08.30 Wib.

Adapun sasaran dalam operasi Yustisi yaitu para pengunjung maupun pedagang di pasar Pegirikan, serta pengguna jalan yang melintas di sekitar lokasi tak luput dari Operasi Yustisi tersebut.

Operasi Yustisi yang melibatkan personil sebanyak 28 orang yang terdiri dari 15 Anggota Polsek Semampir, 4 Anggota Koramil Semampir, 6 anggota Satpol PP Kecamatan Semampir dan 3 tenaga medis Puskesmas Sidotopo yang bertugas melakukan Tes Swab.

Foto : Kapolsek Semampir Kompol Aryanto Agus, A.Md., memantau para pelanggar yang di Tes Swab.

Dalam kegiatan itu, sebanyak 17 orang yang terjaring salahsatunya dengan tidak menggunakan masker. Dimana 10 orang diantaranya dilakukan Tes Swab di tempat dan 7 lainnya dijatuhi sanksi tilang KTP selama 14 hari.

Menurut penuturan Kapolsek Semampir Kompol Aryanto Agus, kegiatan operasi yustisi protokol kesehatan berupa penertiban masker ini rutin dilaksanakan setiap hari.

“Sasaran kami adalah tempat-tempat ramai seperti pasar dan warung-warung. Selain itu juga jalan raya yang padat lalu lintas. Kegiatan ini kami laksanakan untuk mendisiplinkan masyarakat dalam penggunaan masker untuk terhindar dari penularan Covid-19,” ujarnya. (Ibad/Ros)