Cegah Persebaran Covid-19, Polsek Semampir Bersama Tiga Pilar Rutin Melaksanakan Ops Yustisi

0
12

Surabaya, (Gerakjatim.com) – Cegah persebaran Covid-19, Polsek Semampir Polres Pelabuhan Tanjung Perak melaksanakan kegiatan rutin berupa Ops Yustisi penertiban masker bersama Unsur Tiga Pilar di Jalan Pegirikan depan Kelurahan Ampel, pada Selasa Pagi (06/04/2021).

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Semampir tersebut, merupakan implementasi Inpres nomor 6 tahun 2020 tentang pendisiplinan masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 dan Pergub Trantibum Jatim nomor 53 tahun 2020 mengenai sanksi pelanggar protokol kesehatan.

Selain itu, kegiatan ini juga merupakan implementasi dari Perwali nomor 2 tahun 2021 tentang perubahan atas peraturan walikota No.67 tahun 2020 tentang penerapan protokol kesehatan dalam mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dan mengenai penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berbasis Mikro.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya Danramil Semampir, Camat Semampir, Wakapolsek Semampir, kepala Kelurahan Sidotopo, kepala Kelurahan Ampel, Panit Lantas Polsek Semampir dan Panit Sabhara.

Adapun personil yang dilibatkan dalam kegiatan ini, terdiri dari 9 anggota dari Polsek Semampir, 3 anggota Koramil Semampir, 2 anggota POMAL, 15 anggota Satpol PP Pemkot Surabaya, 7 anggota Satpol PP Kecamatan Semampir dan beberapa anggota Linmas Kelurahan Ampel.

“Operasi Yustisi kali ini menyasar kepada para pengguna jalan, mulai dari pejalan kaki, pengendara sepeda onthel, pengendara sepeda motor dan pengendara mobil dan lain-lain,” ungkap Kapolsek Semampir Kompol Aryanto Agus, A.Md., saat pimpin operasi penertiban masker.

Dikesempatan itu juga, Kapolsek juga mengatakan, bahwa dalam kegiatan ini didapati sebanyak 6 orang yang tidak menggunakan masker atau tidak memakai masker dengan benar langsung diberikan sanksi.

“Masing-masing 4 orang diantaranya dijatuhi sanksi penyitaan KTP dan denda sebesar Rp 150 ribu serta 2 orang dijatuhi sanksi fisik berupa Push-Up,” ucap Aryanto.

Menurutnya, bahwa kegiatan operasi Yustisi penertiban masker, rutin dilaksanakan tujuannya adalah untuk mendisiplinkan masyarakat dalam penggunaan masker guna terhindar dari persebaran Covid-19.

“Kami harapkan dengan adanya kegiatan operasi berkelanjutan ini, agar masyarakat semakin disiplin dalam penggunaan masker guna terhindar dari persebaran virus yang berbahaya tersebut,” jelasnya.

“Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan, dan pandemi Covid-19 segera berlalu, sehingga kita bisa menjalani aktivitas sehari-hari dengan tetap patuhi protokol kesehatan,” imbuhnya. (Rena)