Fenomena Sedekah Kuota Di Masjid At Taqwa Bangunsari Surabaya

    0
    306

    Surabaya, (GerakJatim.com) – Masjid At Taqwa Bangunsari Surabaya menerapkan kebijakan saling berbagi jaringan internet atau WiFi gratis bagi pelajar setempat. Aksi yang disebut sebagai sedekah kuota ini dilakukan sebagai wujud keprihatinan kepada para warga sekitar untuk meringankan beban secara ekonomi, sehingga diharapkan anak-anak tetap bisa melaksanakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau dalam jaringan (daring).

    Sebelum memulai kegiatan daring di masjid At Taqwa Bangunsari, para pelajar dipersyaratkan menjalankan protokol kesehatan yang berlaku, seperti memakai masker, cuci tangan ditempat yang disediakan atau memakai Hand Sanitizer hingga menjaga jarak, seperti yang dilakukan sejumlah pelajar dari tingkat SD hingga SMA, Selasa (18/08/2020).

    H. Itong Riwayanto, selaku ketua takmir Masjid At Taqwa Bangunsari menyatakan bahwa pihak Masjid berupaya untuk meringankan beban warga sekitar dengan menyediakan WiFi gratis untuk pelajar.

    “Dimasa pandemi ini banyak masyarakat kami yang terimbas Covid-19 mulai dari penurunan penghasilan hingga pemutusan hubungan kerja (PHK). Oleh karena itu kami berharap dengan diadakannya sedekah kuota atau penyediaan WiFi gratis, para pelajar bisa tetap memaksimalkan pembelajaran secara daring. Untuk waktunya kami sediakan diluar waktu Sholat, jadi ketika masuk waktu Sholat anak-anak bisa melaksanakan Sholat kemudian dapat melanjutkannya kembali”, terang Itong.

    Rayhan Mahardika, salah satu pelajar kelas X SMA mengaku sangat senang sekali dengan adanya program sedekah kuota di masjid At Taqwa Bangunsari, dimana dirinya dan teman-teman pelajar lainnya bisa memanfaatkan WiFi gratis untuk keperluan pembelajaran secara daring.

    “Alhamdulillah, saya sangat senang sekali di masjid At Taqwa Bangunsari ini ada program sedekah kuota dimana kami bisa tetap belajar secara daring, dan yang lebih menyenangkan lagi jadi lebih bersemangat karena bisa berkumpul bersama teman-teman”, tutur Dika.(Yuda/Red)