Wujud Desa Bersih, Mahasiswa PMM UMM Ajak Masyarakat Banyuanyar Kerja Bakti

    0
    50

    Banyuwangi, (GerakJatim.com) – Mahasiswa yang sedang melaksanakan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM), Universitas Muhammadiyah Malang mengajak warga desa Banyuanyar, Kalibaru, Banyuwangi untuk membersihkan sampah. Kerja bakti yang dilaksanakan pada Jumat (24/07/2020) itu mulai pukul 06.30 WIB.

    Kegiatan ini dilaksanakan secara serentak di  dusun Krajan dengan melibatkan seluruh masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat dengan dibantu oleh personil Babinsa dari Koramil Kalibaru.

    Kerja bakti bersih-bersih sampah ini dipimpin langsung oleh Kepala Desa Banyuanyar, Supardi, didampingi sejumlah perangkat desa dan mahasiswa PMM Universitas Muhammadiyah Malang. Kegiatan ini fokus melakukan pembersihan sampah di pinggir jalan dan saluran-saluran air.

    “Kerja bakti ini merupakan bagian dari mewujudkan desa bersih, setidaknya dengan adanya gotong royong masyarakat dapat terbentuk kesadaran terhadap permasalahan sampah yang tak kunjung usai ini,” terang M. Rifqi Nurdiansyah, ketua kelompok 06 PMM UMM.

    Rifqi menerangkan, bahwa kerja bakti ini juga sebagai upaya mencegah terjadinya banjir, karena orang tidak ada yang bisa memprediksi terjadinya bencana alam. Hal ini juga ia terangkan sebagai antisipasi mencegah perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti yang membawa penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

    Masyarakat Banyuanyar saat ini masih banyak yang membuang sampah sebarangan. Tidak heran bila saat hujan, sampah-sampah dari selokan meluap ke pinggir jalan. Hal ini yang membuat mahasiswa dan perangkat desa terdorong untuk melaksanakam kerja bakti.

    “Kerja bakti ini merupakan salah satu upaya untuk merekatkan kembali tali silaturahim antar sesama warga yang ada di dusun Krajan. Apabila masyarakat selalu rutin menjaga kebersihan lingkungan, Insya Allah kita akan bisa hidup sehat dan aman dari musibah banjir,” jelas Supardi, Kepala Desa Banyuanyar.

    Dalam menghadapi cuaca yang sering hujan ini, Supardi menghimbau kepada masyarakat Banyuanyar agar tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selalu menjaga saluran air agar tidak tersumbat dan kotor.

    “Melalui kegiatan kerja bakti ini kami mengharapkan mampu tercipta lingkungan Banyuanyar yang bersih, sehat dan bebas dari penyakit. Selain itu juga bisa mencegah terjadinya banjir dan saluran air tidak lagi tersumbat sehingga bisa langsung terserap tanah,” Pungkasnya.(Red)