Wujud Cinta Alam, KSB Bhakti Mulya Kabupaten Magetan Hijaukan Jalur Evakuasi Puncak Lawu

0
17
Tim KSB Bhakti Mulya TAGANA, DINSOS Jatim dan Babinsa setempat saat sesi foto bersama.

Magetan,(GerakJatim.com) – Mencintai alam tidaklah cukup hanya sekedar berakhir di meja teori semata, alam butuh keseimbangan dan itu menjadi kewajiban kita semua dalam mempertahankan keseimbangannya.

Kegiatan ini di awali oleh sosialisasi PALU PAMAN, dampak dari bencana hidrometeorologi oleh KSB, TAGANA dan DINSOS Provinsi Jawa Timur. Dari kegiatan tersebut KSB Kabupaten Magetan Koordinasi dengan berbagai pihak yang diantaranya Tagana kabupaten Magetan, Dinsos, BPBD, dan unsur TNI.

Aplikasi Kegiatan penanaman tersebut dilaksanakan pada hari Minggu, 1 maret 2020 Pukul 07. 30 WIB. hingga selesai, dengan target lokasi Lereng gunung Lawu petak 55 desa Ngiliran kecamatan Panekan kabupaten Magetan Jawa timur, pas dijalur evakuasi puncak Lawu.

Selain melaksanakan penanaman, KSB Bhakti Mulya juga menggelar Dapur Umum sebagai aksi pendukung terhadap kegiatan tersebut.

“jadi kami juga buka dapur umum pak dilokasi penanaman,untuk mendukung lancarnya kegiatan tersebut, kemaren kami sediakan 250 nasi, yang kami kemas dengan menggunakan daun Jati, kenapa saya pilih daun jati, karena begini, hemat saya daun jati ini juga berfaedah sebagai pupuk, tapi ketika dibiarkan akan berubah menjadi sampah dan ini sudah memenuhi kreteria Ramah Lingkungan,” jelas Nining ketua KSB.

Koordinator Tagana kabupaten Magetan yang akrab dipanggil mas “Eko” juga membenarkan hal tersebut setelah berhasil dikomfirmasi by phone.

“Gerakan penanaman ini dilaksanakan oleh teman-teman Kampung Siaga Bencana (KSB) Bhakti Mulya, Tagana sebagai pembina sudah pasti mendukung sekali kegiatan tersebut karena hal itu merupakan program yang memang harus di realisasikan, namanya KSB Menjaga Alam .” Tegas Eko.

Dalam kegiatan tersebut KSB bersama elemen lain berhasil tancapkan bibit pohon sebanyak 800 pollybak siap tanam. Info yang saya terima dari beberapa sumber bahwa, giat ini mendapat dukungan dari beberapa instansi dan lembaga pemerintah dan swasta.

Kemudian dari data itu dapat kami sampaikan beberapa unsur instansi dan lembaga yang terlibat, Support logistik dari Lambung KSB, Dinas Sosial kab. Magetan, dan Pemerintah Desa Ngiliran. Support Bibit dari Taman Siaga Bencana KSB Bhakti Mulya, Tagana Kabupaten Magetan, Kodim kabupaten Magetan dan Karang Taruna Ds Ngiliran.

“Saya atas nama KSB Bhakti Mulya kabupaten Magetan mengucapkan banyak terimakasih kepada pihak-pihak yang telah mensupport penuh terlaksananya kegiatan ini hingga sukses seperti Tagana Dinas sosial, Kodim, Karang taruna, Destana dan Masyarakat desa, khususnya kepada karang taruna SN yang juga punya peran penting dalam pelaksanaan giat ini,” Tutup Nining.(Syaiful)