Kapolres Tanjung Perak Gelar Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1442, Undang Anak Yatim Piatu

0
39

Surabaya, (Gerakjatim.com) – Dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa serta mendukung pelaksanaan tugas Kepolisian yang didasari ibadah, Kepolisian Resort (Polres) Pelabuhan Tanjung Perak, menggelar pengajian dalam rangka peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1442, di Masjid Al- Hidayah yang berada di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak, Kamis (29/10/2020).

Acara pengajian yang mengusung tema ‘Keteladanan Nabi Besar Muhammad SAW Kita Kuatkan Persaudaraan dan Kepedulian Guna Mewujudkan Kamtibmas Yang Kondusif’ itu, Kapolres mengundang anak-anak Yatim Piatu.

Hadir pada kegiatan tersebut, Wakapolres Pelabuhan Tanjung Perak Kompol Anggi Saputra Ibrahim, S.H., S.I.K., M.H., dan dikuti seluruh Para Pejabat Utama (PJU) Polres Pelabuhan Tanjung Perak dengan penceramah Ustad Drs. H. Khoiron Sueb.

Dalam sambutannya, Kapolres Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H., menyampaikan, bahwa peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW kali ini dengan tema ‘Dengan keteladanan Nabi Besar Muhammad SAW, Kita Kuatkan Persaudaraan dan Kepedulian Guna Mewujudkan Kamtibmas Yang Kondusif’

“Sebagai Umat Muslim kita bisa menjadikan ajaran dan keteladanan Nabi Muhammad SAW sebagai acuan untuk lebih menggerakkan Polisi yang Promoter (Profesional Modern, dan Terpercaya), perbaiki akhlak kita dengan meneladani dan sesuai perintah Nabi Muhammad SAW sehingga Polri makin dicintai oleh masyarakat dan mampu menciptakan kamtibmas yang kondusif sehingga masyarakat makin produktif,” ucapnya kepada sinarpos.co.id Kamis (29/10/2020).

Lanjut Kapolres, dalam peringatan Maulid Nabi yang di gelar setiap satu tahun sekali di Masjid Al- Hidayah, jelas berbeda pada tahun yang sebelumnya, karena saat ini situasi Pandemi Covid-19 atau Virus Corona.

“Semoga dalam rangka memperingati Maulid Nabi tahun ini, kita juga dapat hidayah dari Allah SWT dan dapat diangkat Virus Covid-19 atau Virus Corona Khususnya di Negara Republik Indonesia segera Bisa Berakhir,” harapnya.

Adapun Inti Tausiyah yang disampaikan oleh Ustad Drs H. Khoiron Sueb, bahwa umat muslim harus berupaya meneladani Akhlak mulia, sejarah dan kepemimpinan Baginda Rasulullah SAW dalam membangun kesatuan dan persatuan bangsa dalam bingkai Kebhinekaan antar umat beragama.

“Agama Islam adalah agama yang rahmatan lil alamin dan sosok Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan ajaran Islam sebagai pemimpin yang jujur, berkharisma hendaknya bisa menjadi tauladan untuk para pemimpin sekarang ini,” kata Ustad.

“Mari kita manfaatkan bulan Rabiul Awal ini dengan melakukan segala kebaikan sebagai bukti rasa syukur atas ke hadirat Allah SWT,” sambungnya.

Selain itu Ustad Drs H. Khoiron Sueb juga menerangkan, bahwa ada 4 sifat terpuji Rasulullah yang harus kita tauladani yang antara lainnya, “Yang pertama adalah Shiddiq yaitu benar atau sikap jujur dan berkata sesuai dengan fakta tanpa ada kebohongan. Dan Kedua Amanah, sikap yang dapat dipercaya seperti misalnya jika ada urusan atau titipan yang dipercayakan kepada seseorang, maka harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Selanjut Sifat terpuji Rasulullah yang ketiga adalah Tabligh yang memiliki arti menyampaikan.
Contohnya ketika seseorang dititipi amanah maka kita harus menyampaikannya kepada yang berhak menerima. Dan terakhir adalah Fathonah yang artinya cerdas atau pandai. Dalam kehidupan sehari-hari sifat ini bisa diimplementasikan dengan rajin belajar dan bisa membagi waktu,” terang Ustad Drs H. Khoiron Sueb yang selanjutnya menutup dengan doa.

Pada kesempatan berbeda Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H., menyampaikan, bahwa dengan peringatan Maulud Nabi Besar Muhammad SAW diharapkan mampu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kita semua kepada Allah SWT sehingga sebagai Anggota Polri dapat lebih meningkatkan Profesionalismenya.

“Menumbuhkan sikap dan jiwa keteladanan, hal tersebut dapat kita lihat dari rasa persaudaraan kepada sesama dengan memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh lapisan masyarakat, semoga apa yang menjadi tugas dan tangung jawab kita diridhoi oleh Allah SWT,” tukas Kapolres.

Selesai pengajian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Kapolres memberikan bingkisan kepada sejumlah anak Yatim Piatu yang menghadiri acara pengajian tersebut, hal ini sebagai wujud rasa syukur atas apa yang Allah berikan. (Daniel)