Kapolres Tanjung Perak Serahkan Barang Bukti Kepada Pemiliknya

0
322

Surabaya, (Gerakjatim.com) – Barang bukti sepeda motor yang berhasil diamankan Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak dari para pelaku pencurian dengan kekerasan jenis Begal, satu persatu dikembalikan kepada pemiliknya, pada Jumat, (16/10/2020).

Pengembalian sepeda motor ini dilakukan langsung oleh Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si, M.H., kepada pemiliknya yang menjadi korban dari aksi kejahatan 9 orang tersangka pembegalan beberapa waktu lalu.

Proses pengembalian ini dilakukan Kapolres seusai menggelar press release, kasus begal motor yang berhasil diungkap sejak awal Bulan Oktober 2020 ini.

“Ada beberapa motor barang bukti yang sudah kami amankan. Satu persatu nantinya akan kami kembalikan ke pemiliknya. Namun karena status kendaraan ini masih dalam proses hukum, sehingga untuk sementara waktu akan kami buatkan surat pinjam pakai. Baru kalau proses hukumnya selesai, sepenuhnya kendaraan bermotor ini kembali ke pemilik,” ucap Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H.

 

Salah satu pemilik kendaraan yang menerima kunci secara simbolis dari Kapolres adalah pria bernama Joedo Winarno (52) warga Sememi Baru IV No.19, Surabaya, yang berprofesi sebagai driver ojek On-line.

Dia adalah korban kejahatan pelaku begal motor berinisial EM (32), warga Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, Madura.

EM ditangkap oleh Satreskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak dalam kegiatan patroli rutin beberapa waktu lalu dengan barang bukti senjata tajam (Sajam) di tangannya.

Terpisah Joedo Winarno, saat diwawancarai oleh sejumlah para wartawan, menjelaskan, bahwa ia menjadi korban kejahatan yang dilakukan tersangka EM, pada hari Rabu 16 September 2020 sekira pukul 22.30 Wib, di depan gudang Jl. Greges Jaya Blok-A No.8, Kec. Asemrowo, Surabaya.

Ketika itu dia mendapat penumpang yang minta diantar ke Margomulyo di kawasan komplek industri.

“Saat berada di tempat sepi dia minta berhenti, kemudian mengancam saya dengan senjata tajam agar menyerahkan sepeda motor saya ini, saya takut dilukai makanya saya serahkan motor saya,” terangnya.

Saat dipertemukan dengan EM, Joedo mengaku dan membenarkan bahwa pria itulah yang telah merampas motornya.

Dia menyampaikan terima kasihnya kepada Polres Pelabuhan Tanjung Perak, karena telah berhasil menemukan dan mengembalikan sepeda motornya.

“Terima kasih kepada Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Semoga kinerjanya terus ditingkatkan dan semakin dicintai oleh masyarakat,” ujar Joedo. (Ibad)