Sempat Berpura-pura Sholat, Maling Di Surabaya Berhasil Diringkus Polisi

0
257
Tersangka saat digelandang ke Polsek Semampir.

Surabaya,(GerakJatim.com) – Muhammad Sholeh Bin Sahawi, Pemuda pengangguran (21) warga jalan Danakarya 1/ 15 Rt. 001 Rw. 014 Kel. Ampel Kec. Semampir dan atau tinggal di jl. Tambak dalam gang mawar Kec. Asemrowo Surabaya harus pasrah saat diborgol unit Reskrim Polsek Semampir Lantaran mencuri di jalan Kunti.

Kapolsek Semampir Kompol Aryanto Agus S.H kepada Gerakjatim.com membenarkan adanya penangkapan tersebut .

“Pada hari senin tanggal 10 Pebruari 2020 sekitar pukul 04.00 WIB datang seorang laki laki bernama BAHA PANJAITAN (64) tahun ke Polsek semampir melaporkan ada orang masuk kedalam rumahnya di jalan Kunti 27 Surabaya” Ujarnya.

“selanjutnya piket reskrim segera mendatangi TKP( Tempat Kejadian Perkara), pada saat di TKP rumah masih dalam keadaan terkunci pintu pagarnya, unit Reskrim masuk kedalam rumah Pegadaian bersama sama dan melihat plapon rumah tengah pinggir atas rusak” imbuh Aryanto

Saat dilakukan pengecekan barang, ternyata beberapa HP milik pegadaian tersebut yang lenyap dari tempatnya di dalam rak kecil, maka unit reskrim dan warga melakukan pencarian keatas dan melihat pelaku masih didalam rumah di atas plafon kemudian lari keluar naik keatap genteng.

“Tersangka berusaha kabur dengan melompat dari Atap rumah satu kerumah yang lain, apes saat hendak melompat dan kabur Sholeh terjatuh didalam WC warga, dan langsung loncat ke sungai di jalan kunti, polisi sempat kehilangan jejak pelaku” Tambah Aryanto.

“Sekira pukul 04.30 WIB ketua RT. 08 (AM) bersama Unit reskrim melakukan pencarian kearah timur dan dilanjutkan masuk gapura jl. Sidorame tembus ke RPH, pada saat pencarian kami melihat warga yg sedang bergerombol lalu unit reskrim menanyakan apa ada orang terjatuh dari sungai”

Ada informasi salah satu warga bahwa orang tersebut masuk kerumah warga numpang mandi, setelah dilakukan pengecekan, terdapat pelaku yg diruang tamu tersebut menggenakan baju dan sarung namun saat ditanyakan Sholeh tidak mengakui dan berpura pura sholat.

Pada saat didalam rumah, unit reskrim melihat ada uang dua ribuan dalam keadaan basah diatas mesin jahit selanjutnya dicek ternyata uang tersebut bau air got,maka unit reskrim langsung mengamankan pelaku, naas Bagi Sholeh ternyata ditelinganya masih terdapat lumpur got

Sholeh pun diintrogasi petugas akhirnya mengakui bahwa telah mencuri di jalan Kunti ,Selanjutnya unit Reskrim membawa pelaku ke TKP untuk menunjukkan HP yang diambil ternyata HP jatuh digang TKP di temukan oleh warga, selanjutnya TSK dan barang bukti dibawa ke Polsek Semampir guna proses hukum lebih lanjut.

Adapun barang bukti yang di amankan Uang tunai sebesar Rp. 101.000,- ( seratus satu ribu rupiah ), 5 (lima) buah HP diantaranya , 1 (satu) buah HP merk Siomi warga Gold,1 (satu) buah HP merk VIVO warna Gold, 1(satu) buah HP merk OPPO warna Gold, 1 (satu) buah HP merk SAMSUNG warna putih, 1 (satu) buah HP merk Evercoss warna hitam, 1 (satu) buah sarung kotak kotak warna coklat.

Atas perbuatannya tersangka di jerat dengan Pasal 363 ayat (1) ke 3e dan 5e KUHPidana. (zi)