Tahanan Polres Tanjung Perak dan Jajarannya Jalani Rapid Test

0
646

Surabaya, (Gerakjatim.com) – Seluruh tahanan yang ada di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak maupun Jajarannya menjalani Rapid Test, Rabu, Siang (14/10/2020).

Kegiatan tersebut dilaksanakan atas kerja sama dengan Urusan Kesehatan (Urkes) Polres Pelabuhan Tanjung Perak bersama Tim Covid Hunter.

Proses Rapid Test dilakukan dengan cara bergantian. Selain itu juga dikawal ketat oleh petugas Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak.

Puluhan tahanan Polres Pelabuhan Tanjung Perak maupun Jajarannya wajib menjalani Test Rapid untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka, sebelum dilayar.

“Rapid test juga salah satu syarat sebelum tahanan dilayar. Sehingga dilakukan tes untuk mengetahui kondisi kesehatan paar tahanan.” Ungkap Kapolres.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H., mengatakan rapid test terhadap tahanan dilaksanakan untuk memastikan kondisi tahanan di Polres Pelabuhan Tanjung Perak dalam keadaan sehat dan tidak reaktif terhadap virus.

Selain itu juga menjadi syarat sebelum tahanan dilayar atau dipindahkan.

“Rapid Test juga salah satu syarat sebelum tahanan dipindahkan. Sehingga dilakukan tes untuk mengetahui kondisi kesehatan para tahanan,” tuturnya.

Menurutnya, puluhan tahanan penghuni ruang tahanan di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak maupun Jajaran wajib di Rapid Test sebelum di pindahkan.

Hasil pemeriksaan rapid test seluruh tahanan di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak maupun Jajaran dinyatakan nonreaktif.

“Dengan hasil tersebut, tidak perlu ada penanganan lanjutan yaitu Swab,” ujar dia.

Ia mengatakan walaupun hasilnya negatif protokol kesehatan tetap dilaksanakan di ruang tahanan Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

“Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tukas Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H. (Ibad)