Tekan Penyebaran Covid-19, Polres Tanjung Perak Terus Melakukan Operasi Penertiban Masker

0
61

Surabaya, (Gerakjatim.com) – Upaya menekan penyebaran Covid-19, terus menerus dilakukan Polres Pelabuhan Tanjung Perak, salah satunya adalah dengan melaksanakan operasi Yustisi penerapan protokol kesehatan dalam bentuk operasi penertiban masker di wilayah Kec. Pabean Cantik’an, Jumat pagi, (30/10/2020).

Operasi Penertiban Masker itu kali ini, berlangsung di Jalan Stasiun Kota, dimulai pukul 08.00 Wib dan melibatkan sebanyak 45 personil, yang terdiri dari 15 personil Polres Pelabuhan Tanjung Perak, 13 anggota Polsek Pabean Cantikan, 5 anggota TNI dari Koramil Pabean Cantik’an, 10 anggota Satpol PP dan 2 anggota Linmas Kel. Bongkaran.

Kegiatan yang merupakan implementasi Inpres nomor 6 tahun 2020 tentang pendisiplinan masyarakat terhadap penerapan protokol kesehatan serta Perda nomor 2 tahun 2020 dan Pergub Trantibum Jatim nomor 53 tahun 2020 mengenai sanksi pelanggar protokol kesehatan ini mengambil sasaran para pengendara kendaraan bermotor maupun pejalan kaki yang melintas di jalan tersebut.

Dalam operasi itu sebanyak 12 orang pengguna jalan yang tidak menggunakan masker, diantaranya 5 orang diberikan sanksi penyitaan KTP, dan 5 orang dilakukan Test Swab serta 2 orang diberikan sanksi fisik berupa Push-Up.

Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H., menjelaskan, bahwa kegiatan operasi Yustisi protokol kesehatan dalam bentuk operasi penertiban masker ini dilaksanakan secara hampir rutin setiap hari oleh Polres Tanjung Perak dan Polsek jajaran.

“Polres Pelabuhan Tanjung Perak dan Polsek-Polsek jajaran terus melaksanakan kegiatan ini agar masyarakat semakin disiplin dalam memakai masker. Tujuan utamanya adalah untuk menekan penyebaran Covid-19 di Surabaya, khususnya diwilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak,” ujarnya. (Daniel)