Unit Reskrim Polsek Semampir Tangkap Dua Dari Tiga Buronan Terkait Pencurian HP

0
63

Surabaya, (Gerakjatim.com) – Unit Reskrim Polsek Semampir tangkap dua dari tiga buronan terkait kasus pencuri HP yang terjadi di warung-warung Box Calvet Jl. Pegirian, Surabaya, pada hari Minggu 14 Juni tahun 2020 lalu.

Pelaku adalah Moch Rido Nuryadi (25 tahun) warga Jl. Sidodadi Los B No. 170 dan Jamal Miftahulhuda (26 tahun) warga Jl.kunti inde kost di Jl.Sumbo Surabaya. Kedua ditangkap pada hari Rabu (24/02/2021) sekitar pukul 15.00 Wib, di kediamannya masing-masing tanpa perlawanan.

Kapolsek Semampir Kompol Aryanto Agus, S.H., menyebutkan, terkait kasus pencurian ini dua orang tertakap dan satu orang yang merupakan otak dalam perkara ini yaitu SUL (buron) belum tertangkap.

“Kami masih melakukan pencarian dan berharap agar SUL menyerahkan diri sebelum kami bertidak,” ucap orang nomor satu di Mapolsek Semampir dilansir Gerakjatim.com pada Selasa Pagi (02/03/2021).

Aryanto sebutan lekat Kapolsek Semampir membenarkan, bahwa kejadian pencurian ini bermula saat korban bernama Riki Budi Setiyawan (20 tahun) warga Madiun yang tinggal di Jl. Bolodewo gang 2 No. 54 Surabaya, sedang nongkrong di warung-warung Box Calvet Jl. Pegirian.

“Tiba-tiba didatangi 3 orang yang tidak dikenalnya termasuk kedua pelaku ini, menghapiri dan langsung menuduh korban telah memukul adik korban lalu dimintai sejumlah uang, namun tidak ada uang selanjutnya dilakukan pengeledahan oleh pelaku dan mengambil HP milik korban lalu pergi melarikan diri,” tuturnya.

Seketika kejadian itu, korban berteriak maling-maling, dan teriakannya direspon warga sekitar sehingga salahsatu dari ketiga pelaku itu tertangkap.

“Waktu itu, pelaku yang tertangkap yakni tersangka Jamal. Dan pada saat korban serta warga sekitar lengah, kemudian tersangka Jamal berhasil melarikan diri dengan membawa HP curian tersebut,”

Tersangka Jamal melarikan diri dengan meninggal identitasnya yang kemudian korban langsung melapor kejadian itu, ke Mapolsek Semampir untuk ditindak lanjuti.

“Dengan mengantongi identitas nama dari salahsatu para pelaku, kemudian Anggota melakukan pengejaran,” sebut Aryanto.

Pada hari Rabu 24 Pebruari 2021 sekitar pukul 15.00 Wib, unit Reskrim mendapati informasi dari masyarakat bahwa pelaku DPO pencurian HP yang terjadi di Box Calvet sedang berada dirumah mertuanya di Jl. Sidodadi / Digol 179 Kel. Simokerto Kec. Simulawang Surabaya.

“Tak butuh lama petugas berhasil menangkap tersangka Jamal. Ketika diinterogasi langsung, dia (tersangka Jamal) menunjukkan bahwa rekannya yang ikut andil dalam perkara ini yaitu tersangka Moch Rido Nuryadi sedang bearada di rumah kontrakannya yang ada di Jl. Sidodadi Surabaya, kemudian dilakukan penangkapan,” terang Aryanto.

Setelah diinterogasi keduanya mengaku bahwa otak dalam pencurian itu, bernama SUL (DPO) kumudian dilakukan penggerebekan dirumahnya yang ada di Jl. Sidodadi Surabaya.

“Saat dilakukan penggerebekan di rumah otak pelaku pencurian itu, ternyata sudah kabur selanjutnya kedua tersangka di bawa ke Mako untuk dilakukan proses penyidikan lebih lanjut,” tandas Aryanto.

Tambah Aryanto, barang bukti dalam kasus pencurian ini, berupa 1 (satu) buah HP merk Realme C2 beserta Dosbooknya dan 1 (satu) unit sepeda motor Honda Vario milik pelaku kami sita guna proses penyidikan.

“Untuk pasal yang kami jeratkan kepada kedua tersangka yaitu Pasal 363 ayat ( 1 ) ke4 KUHPidana,” tutunya. (Rena)