Classmeeting Daring SD Muhlas di Tengah Pandemi Covid-19

0
443

Surabaya, (GerakJatim.com) – SD Muhammadiyah 11 Surabaya atau dikenal dengan sebutan SD Muhlas tak pernah sepi dengan kegiatan dan aktivitas siswa dan gurunya, Walaupun semua sekolah di lockdown dan wajib belajar dari rumah (BDR), SD Muhlas tetap melaksanakan program-program yang sudah disusun satu tahun ajaran 2019/2020 ini.

Salah satunya yaitu classmeeting atau lomba-lomba antar kelas, Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari yang dimulai hari ini Senin sampai Rabu (8-10/6/2020).

Waka Kesiswaan ustadzah Nuranifah,M.Pd menyampaikan, bahwa tujuan diadakan classmeeting yang menjadi agenda tahunan, sebagai pengisi kegiatan pasca seluruh siswa menyelesaikan Penilaian Akhir Tahun (PAT), Disisi lain sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT, semoga badai yang melanda Indonesia bahkan dunia segera berkahir.

” Sengaja kita ambil tema lomba yang menitik beratkan nilai-nilai keislamannya” Tambahnya.

” Classmeeting kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Dikarenakan adanya pandemi covid-19, maka kegiatan classmeeting dilaksanakan dengan sistem daring (dalam jaringan), Kegiatan ini diikuti oleh seluruh siswa kelas 1 sampai kelas 5 dengan kategori kelas kecil (kelas 1,2 dan 3) dan kelas besar (kelas 4 dan 5)” imbuh nya.

Diantara jenis-jenis yang dilombakan yaitu:
1. Dai Cilik dengan tema “Bulan Syawal” untuk kelas besar, Untuk kelas kecil “Kisah Nabi atau Kisah Sahabat Nabi”
2. Tartil Surat-surat pendek
3. Adzan khusus siswa putra
4. Mendongeng khusus siswa putri.

Semua siswa sangat antusias mengikuti perlombaan tersebut, karena sudah rindu ingin bertemu teman dan ustad ustadzah disekolah Dan dikarenakan kegiatan ini menggunakan daring yang semua siswa diwajibkan mengirim video semua jenis lomba melalui aplikasi google classroom.

Dengan ketentuan waktu pengiriman video dimulai pukul 07.00-23.45 setiap harinya, Dalam pengiriman video itu juga menggunakan kode yang berbeda setiap kelasnya.

Ditemui terpisah ustad Irwan selaku kepala SD Muhlas menuturkan, bahwa sejak siswa berada di rumah selama pandemi covid-19 ini kami (sekolah) akan tetap memberikan hak-hak siswa untuk menerima pendidikan dan pembelajaran walaupun secara daring salah satunya classmeeting kali ini.

” Beberapa guru selalu berkoordinasi secara estafet untuk mempersiapkan materi mulai pembelajaran hingga kegiatan lomba-lomba secara daring. Dengan harapan para siswa tetap konsisten dalam belajar dan tidak melupakan nilai-nilai keislaman yang sudah diberikan selama di SD Muhlas” Tambahnya.

” Semoga tetap semangat belajar dan beribadah serta bersama-sama memohon kepada Allah,SWT pandemi ini segera berakhir sehingga para siswa bisa belajar di sekolah seperti biasanya” harap ustad Irwan

Kejuaraan akan diambil juara 1,2 dan 3 setiap jenis lomba serta sesuai level kelas masing-masing. Dan hasil lomba akan diumumkan pada hari Sabtu, 13 Juni 2020 mendatang.

Rahmatulloh Putra Maheswara salah siswa 5 Al-Mukmin menyatakan, senang sekali ikut lomba classmeeting, walau dalam keadaan pandemi Covid-19 yang berkepanjangan tetap bisa ikut lomba.

Noer Rochmawati, selaku wali murid juga menyambut positif kegiatan ini. Walau dimasa pandemi Covid-19 yang berkepanjangan anak-anak tetap bisa beraktivitas bahkan ikut lomba walau dalam jaringan (daring) yang mana supaya anak-anak tidak bosan dirumah. Dengan diselenggarakan lomba tersebut diharapkan anak-anak tetap bisa berkarya.(Yuda/Red)