Kalahkan Persija, Persebaya Juara Piala Gubernur Jatim 2020

0
335
Persebaya Surabaya berhasil meraih Piala Gubernur Jatim 2020 usai mengalahkan Persija Jakarta 4-1 (Foto: Zabur Karuru/ANTARA FOTO)

Sidoarjo,(GerakJatim.com) – Persebaya Surabaya memastikan meraih gelar Piala Gubernur Jatim 2020. Di partai final, mereka mengalahkan Persija Jakarta yang bermain dengan 10 pemain 4-1.

Persebaya vs Persija tersaji di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, pada laga final Piala Gubernur Jatim 2020, Kamis (20/2/2020) sore WIB. Green Force unggul cepat di menit ke-4 lewat Oktafianus Fernando.

Di menit ke-33, Persija harus bermain dengan 10 pemain setelah Ryuji Utomo mendapat kartu merah langsung. Kalah jumlah pemain, Macan Kemayoran justru mampu menyamakan kedudukan melalui Marko Simic di menit ke-43.

Di babak kedua, Persebaya memastikan kemenangan usai menambah tiga gol lewat Makan Konate, Ricky Kambuaya dan Mahmoud Eid. Mereka menuntaskan laga dengan 4-1 dan memastikan meraih gelar Piala Gubernur Jatim 2020.

Jalannya Pertandingan Persebaya Vs Persija

Persebaya langsung tampil menekan di menit awal. Gol cepat mereka hadirkan ketika laga baru berjalan empat menit.

Bemula dari umpan silang Alwi Slamet yang tak mampu dihalau dengan baik barisan belakang Persija, bola mengarah ke Makan Konate.

Konate yang berdiri di sisi kanan kotak penalti Persebaya melepas umpan ke depan gawang. Bola berhasil disambar oleh Oktafianus Fernando untuk menggetarkan jala Shahar Ginanjar.

Tertinggal, Macan Kemayoran berupaya tampil lebih tenang untuk menguasai pertandingan. Mereka punya peluang di menit ke-7.

Riko Simanjuntak berhasil menusuk hingga kotak penalti Persebaya. Namun sepakannya masih melebar ke kiri gawang Rivky Mokodompit.

Di menit ke-15, Persebaya hampir saja menggandakan kedudukan. Umpan Mahmoud Eid meloloskan David da Silva dari pengawalan pemain Persija. Berdiri dalam posisi bebas, tembakan pemain asal Brasil ini masih mampu ditepis oleh Shahar.

Memasuki pertengahan babak pertama, laga mulai memanas. Duel-duel keras antar pemain kedua tim tak terhindarkan.

Petaka menimpa Persija ketika di menit ke-33 usai Ryuji Utomo mendapatkan kartu merah langsung dari wasit. Ia yang menjadi orang terakhir di lini pertahanan Persija dianggap melakukan pelanggaran terhadap David da Silva.

Unggul jumlah pemain, Persebaya mendominasi laga di akhir babak pertama. Di menit ke-40, David da Silva melepas sepakan keras dari luar kotak penalti, tapi upayanya hanya menerpa mistar.

Terus ditekan, Persija justru mampu mencuri gol penyama kedudukan di menit ke-44. Marko Simic mencatatkan namanya di papan skor lewat sundulan memanfaatkan sepak pojok dari Riko.

Selepas jeda, Persebaya mengembalikan keunggulan di menit ke-53. Menerima umpan dari Hambali Tolib, Konate melepas sepakan dari dalam kotak penalti yang gagal diredam Shahar. Skor berubah 2-1 untuk Persebaya.

Tiga menit berselang, skuat asuhan Aji Santoso mampu menambah gol. Umpan tarik Irfan Jaya menemui Ricky Kambuaya. Usaha pertama Ricky berhasil diblok Maman Abdurahman, tapi bola liar kembali disambarnya untuk membuat Persebaya unggul 3-1.

Persija yang berusaha bangkit, memasukan Marc Klok dan Heri Susanto untuk meningkatkan daya serang. Di menit ke-75, Simic hampir saja kembali mencetak gol lewat sundulan, tapi bola masih mampu ditepis Rivky.

Mahmoud Eid membuat Persebaya semakin menjauh di menit ke-80. Ia melepas sepakan ke tiang dekat setelah mendapat umpan dari Irfan.Tembakannya sempat membentur tiang sebelum bergulir masuk ke gawang Persija.

Skor 4-1 untuk Persebaya bertahan hingga laga tuntas.

Susunan Pemain Persebaya Vs Persija

Persebaya Surabaya: Rivky Mokodompit, Arief Satria, Rizky Rido, M Syaifudin, Ricky Kambuaya (M Hidayat 68′), Alwi Slamet, Oktafianus Fernando (Irfan Jaya 53′), Makan Konate, Hambali Tolib (Aryn Williams 53′), David Da Silva, Mahmoud Eid (Patrich Wanggai 82′)

Persija Jakarta: Shahar Ginanjar, Marco Motta, Maman Abdurahman, Ryuji Utomo, Adrianus Dwiki (Novri Setiawan 11′), Tony Sucipto (Ramdhani Lestaluhu 58′), Sandi Sute (Heri Susanto 72′), Rohit Chand (Marc Klok 72′), Evan Dimas, Riko Simanjutak, Marko Simic. (Pur/krs)

 

 

 

 

 

Sumber: sport.detik.com