Ada Tambahan 91, Pasien COVID-19 di Jatim Jadi 2.372, Sembuh 387, Meninggal 230

0
204

Surabaya,(GerakJatim.com) – Kasus positif COVID-19 di Jawa Timur bertambah sebanyak 91 pasien. Kini, total pasien yang terkonfirmasi positif menembus angka 2.372 orang. Dari total kasus tersebut, 1.746 pasien masih menjalani perawatan.

Berdasarkan data Pemprov Jatim, tambahan 91 pasien positif Corona ini terbanyak yakni 60 pasien dari Surabaya, 5 pasien dari Sidoarjo, 6 dari Sampang, 1 pasien dari Pamekasan, 2 dari Kabupaten Malang, 1 dari Jombang, 1 dari Kabupaten Kediri.

Ada pula tambahan kasus 1 orang positif dari Bondowoso, 1 pasien dari Kota Mojokerto, 1 dari Kabupaten Ponorogo, dan 3 pasien positif corona dari Kabupaten Mojokerto, 2 dari Bangkalan, 2 dari Kabupaten Lamongan, 1 dari Kabupaten Blitar, 1 dari Kota Kediri, 1 dari Tuban dan 2 dari Bojonegoro.

“Total tambahan positif hari ini adalah 91 orang yang terkonfirmasi positif. Dari 91 orang pertama tambahan terbanyak dari Surabaya 60 orang, di bawah Surabaya ada 6 dan Sidoarjo 5 orang,” ungkap Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (19/5/2020).

Khofifah menyebut penambahan pasien ini didapat melalui rapid test yang kian masif hingga tracing yang dilakukan gugus tugasnya.

“Jadi sebetulnya dengan atau tanpa PSBB kalau rapid test dimasifkan dan swab dilakukan secara masif, tracing dilakukan secara progresif maka peta baru akan segera bisa diantisipasi sehingga kesiapsiagaan seluruh layanan medik juga bisa diantisipasi. Artinya 99 RS rujukan yang ada di wilayah terdekat di mana kasus itu terjadi bisa melakukan percepatan layanan,” paparnya.

Selain itu, tetap ada kabar baik dalam penanganan COVID-19 di Jatim. Tercatat ada tambahan 12 pasien yang dinyatakan sembuh. Rinciannya yakni 2 dari Kota Surabaya, 1 dari Lumajang, 2 pasien dari Kabupaten Nganjuk, 1 dari Kabupaten Jember, 1 pasien sembuh asal Ponorogo, 1 dari Kabupaten Bangkalan, 1 dari Kabupaten Tuban, dan 1 asal Situbondo. Kini, total pasien di Jatim yang telah dinyatakan sembuh ada 387 orang.

“Hari ini yang sembuh ini bertambah 12 orang,” imbuh Khofifah.

Untuk tambahan pasien yang meninggal, ada 6 orang. Keenam pasien ini dari Kota Surabaya. Total ada 230 pasien yang meninggal.

“Hari ini kita juga berduka ada enam orang lagi yang meninggal, keenamnya dari Surabaya,” pungkas Khofifah.

Sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) tercatat ada 5.198 dan yang diawasi tinggal 2.418. Sementara untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) kini jumlahnya sebanyak 22.985 dan yang masih dipantau hanya 4.024.(hil/iwd)

 

 

 

 

Sumber: news.detik.com/jawatimur