Cegah Covid-19, Mahasiswa UMM Mengajak Warga Patuhi Protokol Kesehatan Secara Door to Door

0
69

Mojokerto,(GerakJatim.con) – Dalam Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang kelompok 94 mengajak masyarakat yang belokasi di Desa Sumbertanggul, Kecamatan Mojosari, Kabupaten Mojokerto untuk mematuhi protokol kesehatan (26/08/2020).

Program dilakukan melalui door to door kesetiap rumah warga. Cara ini dilakukan karena tidak memungkinkan untuk mengumpulkan warga dan agar tidak terjadi keramaian sesuai dengan protokol kesehatan yang dihimbau oleh pemerintah. Media yang digunakan berupa vidio edukasi. Vidio tersebut memuat jumlah kasus yang terjadi di Indonesia dan protokol kesehatan yang harus dilakukan oleh masyarakat saat pandemi saat ini.

Selain melalui media vidio edukasi tim PMM 94 UMM juga melakukan melalui poster. Poster tersebut disebar dan ditempelkan ditempat umum yang biasanya banyak orang berkumpul seperti masjid, toko dan tempat pembuatan batu bata yang ada di desa Sumbertanggul. Poster yang disebarkan berisi ajakan kepada masyarakat untuk selalu mencuci tangan, wajib memakai masker, menjaga jarak, hidari keramaian dan mengurangi sentuhan secara langsung.Tidak hanya melakukan edukasi kepada masyarakat tim PMM 94 UMM juga memberikan masker kain dan handsanitaizer kepada warga sebagai upaya preventif untuk mencegah dan melindungi warga dari penyebaran Covid-19.

Robert Herbiantoro menjelaskan, mengajak warga desa Sumbertanggul untuk mematuhi protokol kesehatan dengan sistem door to door lebih efektif dilakukan pada saat pandemi seperti ini karena untuk menghindari terjadinya kerumunan massa.

“Selain mengajak warga mematuhi protokol kesehatan kita juga membagian paket kesehatan berupa masker kain dan handsanitaizer agar semua masyarakat Sumbertanggul berpartisipasi memutus mata rantai penyebaran virus secara bersama-sama,” katanya.(Red)