Gubernur Jatim: Enam Pasien di Surabaya Positif Covid-19

0
209
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat meninjau kesiapan tambahan bed isolasi dan observasi di RS Jiwa Menur.Foto/Lukman Hakim

Surabaya,(GerakJatim.com) – Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur mengumumkan, Surabaya telah ada 6 orang yang positif terkena Covid-19. Orang nomor satu di Jatim itu memastikan semua pasien saat ini ditangani oleh paramedis yang sudah profesional.

Menurut Khofifah ke-6 orang tersebut awalnya memang atas inisiatif sendiri memeriksakan kondisi tubuhnya. Setelah diperiksakan di Rumah Sakit Universitas Airlangga (RSUA) ke-6 orang itu dinyatakan positif Covid-19.

“Kami tidak mungkin menjelaskan secara detail data orang yang positif Covid-19 ini agar tidak menimbulkan kepanikan,” kata Khofifah, Selasa (17/3/2020).

Pihaknya akan segera melakukan penelusuran ke siapapun yang pernah kontak dengan korban positif Covid-19 ini. Di Jatim, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) masih 16 orang dan Orang Dalam Pengawasan (ODP) berjumlah 25 orang.

“Semua masih menjalani pemeriksaan secara intensif dan semoga tidak bertambah lagi,” tambah Khofifah.

Sebelumnya, Ketua Institut Tropical Disease (ITD) Universitas Airlangga (Unair), Prof Maria Lucia Inge Lucida, mengkonfirmasi adanya 6 Spesimen Positif Corona, Selasa (17/3/2020). Jumlah itu melengkapi jumlah 172 Pasien Positif yang dinyatakan Jubir Kepresidenan Satgas Penangangan Corona, Dr Achmad Yurianto, pada Minggu (15/3/2020).

“Namun, 6 pasien positif tersebut tidak datang dari satu rumah sakit, melainkan dari berbagai rumah sakit di Surabaya. Saya tidak bisa bilang rumah sakitnya mana karena bukan kewenangan kami,” ujarnya.(msd)