Jelang Idul Adha, Tagana Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur Gelar Sterilisasi Mesjid Nasional Al_Akbar Surabaya

0
59

Surabaya, (GerakJatim.com) – H-1 Hari raya Idul Adha atau hari raya Qurban, sejumlah relawan Tagana Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur diterjunkan untuk melakukan sterilisasi lokasi tempat Ibadah, tepatnya di Mesjid Nasional Al_Akbar Pagesangan Kecamatan Jambangan Surabaya, dengan menyemprotkan cairan Disinfektan pada sejumlah area Mesjid yang ditempati Sholat Idul Adha besok.

Dua unit mobil Rescue terlihat meluncur dari kantor Dinas Sosial provinsi jatim jalan gayung kebonsari no.56 Gayungan Surabaya, pada sekira jam 08.30 wib mengarah ke Mesjid Al_Akbar di Pagesangan Jambangan Surabaya, dengan membawa peralatan lengkap serta APD dan beberapa personil SATGAS relawan Tagana.

Setibanya di lokasi sekitar jam 09.00 wib persiapan penyemprotan langsung di gelar.

Usai peralatan dan APD disiapkan, koordinator kegiatan segera memberikan arahan soal titik-titik yang diprioritaskan untuk dilakukan penyemprotan, yang didampingi oleh takmir mesjid.

“Pada kesempatan ini kami diperintahkan melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh areal mesjid. Tentu dengan tujuan antisipasi dari penyebaran Covid-19. Karena besok insyaallah akan dilaksanakan sholat Idul Adha dan pemotongan hewan Qurban mas” jelas Mulyanto selaku koordinator lapangan.

Tidak hanya pada bagian dalam dan pelataran Mesjid, sejumlah relawan Tagana juga lakukan sterilisasi di bagian luar masjid, diantaranya tempat parkir dan lokasi hewan Qurban yang terletak disisi utara mesjid.

Ketika ditanya apakah masyarakat juga bisa minta tolong atau mengajukan permohonan penyemprotan. Twi Adi koordinator Tagana jawa timur mengatakan,”Bagi masyarakat atau kelompok masyarakat, pengelola fasum, gedung sekolah, lingkungan masyarakat yang juga menginginkan lokasinya mendapatkan penyemprotan cairan desinfektan, bisa menghubungi dinas sosial provinsi Jawa timur dengan cara bersurat atau kontak langsung dengan koordinator Tagana Jawa timur, yang beralamat di jalan gayung Kebonsari no.56 Surabaya. Bisa juga dengan menghubungi langsung kontak posko tagana jawa timur dengan cara kirim pesan WhattsApp di nomer +62 812-2509-6060″ tutur Twi Adi.

“Semua ini dilakukan oleh Dinas Sosial provinsi Jawa timur bersama Tagana se Jawa timur, sebagai salah satu upaya untuk memutus rantai penularan covid -19, disamping itu tetap menerapkan dan mensosialisaikan protokol kesehatan dengan memberikan contoh-contoh kongkrit pelaksanaan protokol kesehatan” Twi Adi menambahkan.(Syaiful/Red)