Mahasiswa PMM UMM Membagikan Cara Dan Tips Membuka Peluang Bisnis Online Di Desa Tegalgondo

0
29

Malang, (GerakJatim.com) – Melalui Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktimu Negeri, mahasiswa Muhammadiyah Malang kembali melakukan pergerakan terbaru di wilayah desa Tegalgondo, Malang.

Tim PMM UMM melakukan penyuluhan kepada perangkat desa Tegalgondo tentang website PMM UMM. Kegiatan ini diawasi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Setyo Wahyu S, SE., ME. Kegiatan ini lakukan pada hari kamis 23 Juli 2020.

Teknologi modern jaman sekarang tidak dipungkiri memiliki banyak manfaat positif dan juga memiliki dampak negatif. Teknologi adalah bagian penting dalam kehidupan saat ini. Segala sesuatu menerapkan teknologi untuk memudahkan berbagai aktivitas jaman sekarang teknologi internet menjadi sumber dan sarana untuk mencari sesuatu informasi yang dibutuhkan. Salah satu teknologi yang berkembang sangat pesat sekarang adalah teknologi komunikasi.

Peluang berbisnis online dimasa pendemi seperti sekarang ini tentunya akan menguntungkan, seperti yang kita tahu masa COVID-19 ini banyak sekali masyarakat menggunakan jasa online untuk melakukan kegiatan sehari hari seperti belanja kebutuhan rumah, bahan masakan dan masih banyak lagi. Membuka peluang bisnis dibidang kuliner memang tidak ada ruginya, karena makanan merupakan suatu kebutuhan pokok primer bagi manusia.

Di era sekarang ini banyak sekali berbagai macam jenis makanan cemilan bukan hanya mementingkan rasa yang enak tapi bentuk dan kemanasan juga harus menarik sehingga akan menarik minat konsumen untuk membeli. Berbisnis produk makanan sangat menguntungkan karena berbisnis makanan tidak ada habisnya dan akan terus berkembang mengingat pertumbuhan penduduk akan terus semakin meningkat, yang mengacu pada kebutuhan pokok konsumen. Inilah yang menjadikan prospek utama bisnis makanan.

Kami kelompok 4 PMM UMM Tegalgondo melakukan kegiatan penyuluhan kepada perangkat desa dimana kegiatan ini hanya dihadiri oleh Sanik Dharmawati selaku sekretaris desa Tegalgondo dan perangkat desa Tegalgondo lainnya. Selama masih menjalani New Normal kita harus selalu melakukan dan mentaati peraturan protocol kesehatan yang ada.

Beberapa resep masakan cemilan dan jamu kesehatan, bagaimana cara pembuatan dan pengemasan tentunya juga beberapa tips membuka peluang bisnis online kami buat dan cantumkan di beberapa sosial media yang kelompok kami punya seperti Youtobe, Instagram, WordPress, dan website. Setelah itu link resep, cara pembuatan dan pengemasan akan kami share dari sosial media pribadi masing-masing anggota kelompok 4 PMM UMM.

Sosial media sudah dikenal luas di kalangan masyarakat sehingga kami memilih memanfaatkannya untuk berbagi cara dan tips untuk membuka peluang usaha dimasyarakat terlebih dimasa pandemi sekarang. Umumnya sosial media yang sering digunakan masyarakat seperti youtube, instagram, wodpress dan website sehingga informasi yang kita cari mudah di akses oleh masyarakat.

Website ialah kumpulan halaman pada suatu domain di internet yang dibuat dengan tujuan tertentu dan saling berhubungan serta dapat diakses secara luas melalui halaman depan (home page) menggunakan sebuah browser URL website atau link website.

Pada dasarnya Youtube merupakan sebuah website untuk berbagi video ataupun menonton video yang dibagikan oleh berbagai pihak. Banyak sekali yang bisa kita temukan di Youtube, mulai dari Vlog keseharian, tutorial, hiburan, trailer film, video klip musik dan masih banyak lagi.

Instagram (juga disebut IG atau Insta) yang merupakan sebuah aplikasi berbagi foto dan video yang memungkinkan pengguna mengambil foto, mengambil video, menerapkan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial, termasuk milik Instagram sendiri.
Sedangkan WordPress sendiri ialah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine).

Beberapa point tips pemasaran untuk membuka peluang berbisnis kuliner online
1. Membuat Peluang Bisnis Makanan yang Pastinya Diterima di Lidah Masyarakat
Pastikan point utama yaitu olahan produk makanan dan cemilan harus bisa diterima/cocok dengan lidah masyarakat.

2. Buat Nama dan Logo Produk Makanan anda yang Menarik
Elemen yang penting dalam memasarkan produk makanan adalah membuat nama dan logo produk makanan semenarik mungkin.membuat logo dan nama bias melalui foto editor seperti photoshop corel dan app handphone juga bisa seperti pictart dan lainnya.

3. Membuat website produk makanan anda
Membuat dan memiliki website untuk produk makanan anda adalah suatu keharusan bagi para pemilik bisnis di era modern digital sekarang ini. Website dan media sosial ibarat rumah bagi bisnis anda dan dimana tempat untuk bisa mempromosikan dan memperkenalkan produk makanan anda.

4. Memasarkan Lewat Sosial Media
tentunya media social merupakan wadah yang sangat penting dan bermanfaat ketika belum memilik tempat untuk berjualan produk anda. Anda dapat memasarkan produk makanan anda secara online melalui media social. Strategi ini sangat efektif untuk memangkas biaya sewa tempat.

5. Bekerjasama dengan Penyedia Layanan Pesan Antar
Di jaman modern digital sekarang ini memesan makanan secara online lewat aplikasi sekarang menjadi suatu tren yang lagi booming. Bekerjasama dengan penyedia layanan pesan antar seperti Gojek atau Grab. Keuntungan bekerjasama dengan perusahaan yang memiliki penyedia layanan pesan antar adalah kita bisa berjualan tanpa harus memiliki ruko atau tempat untuk berjualan.

6. Buat Promosi yang Unik dan Menarik
Promosi yang unik dan menarik akan mendorong calon pelanggan untuk datang ke tempat Anda. Buatlah promosi yang bisa membuat orang penasaran sehingga orang tertarik untuk mengunjungi dan membeli produk Anda.
Kami selaku Kelompok 4 PMM telah melakukan penyuluhan kepada warga tentang resep camilan dan jamu kesehatan tentunya dengan bahan dan cara yang mudah diterapkan masyarakat dan di publikasi pada sosial media yang umum digunakan masyarakat menjadikan peluang usaha yang menjanjikan bagi masyarakat dimasa pandemi sekarang ini, dimana selain mempermudah dalam pencarian informasi juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Penyuluhan ini diwakili oleh sekretaris desa dengan mengikuti protokol kesehatan dan kami berharap semoga dengan ini dapat memudahkan masyarakat dalam menciptakan peluang usahanya.(Red)