Ratusan Siswa SMP/MTs Perebutkan “Piala Ashraf Sinclair” Dalam Ajang Moslem Teenagers Competitions 2020 di SMA Khadijah Surabaya

0
2465

Surabaya,(Gerakjatim.com) – Meninggalnya Ashraf Daniel Muhammad Sinclair (40 th) sangat mengejutkan banyak pihak. Bukan hanya membuat duka bagi para selebritis dan para pesohor, namun juga hampir seluruh publik tanah air, termasuk salah satunya bagi SMA Khadijah Surabaya.

Guna menghormati mendiang Ashraf Sinclair, SMA Khadijah Surabaya mendedikasikan salah satu piala dalam ajang Moslem Teenagers Competitions (MTC) 2020 dengan nama “Piala Ashraf Sinclair”, yang rencananya akan diberikan kepada juara favorit dalam ajang MTC 2020 yang dilaksanakan pada Minggu (23/2) di komplek SMA Khadijah, di Jalan Ahmad Yani 2-4 Surabaya. Mulai pukul 08.00 pagi hingga sore hari.

Dalam sambutannya selaku ketua panitia siswa, Erina Azmi, menjelaskan maksud disisipkannya kegiatan Dedikasi MTC 2020 berupa penghormatan kepada Almarhum Ashraf Sinclair, selaku tokoh muslim millennial yang banyak menginspirasi remaja muslim Indonesia dan asia tenggara. Dedikasi MTC 2020 juga ditujukan kepada 10 siswa SMPN 1 Turi Sleman Yogyakarta yang meninggal akibat terseret arus sungai saat mengikuti ektrakurikuler pramuka.

“Kepada seluruh hadirin mohon doa dan fatihah ditujukan untuk almarhum Ashraf Sinclair dan 10 siswa SMPN 1 Turi Sleman yang meninggal saat pramuka,” ucapkan Erina Azmi ketua Osis SMA Khadijah Surabaya sambil membawa piala Ashraf Sinclair.

Usai pembacaan doa dan fatihah, Erina Azmi secara simbolik meletakkan piala Ashraf Sinclair di deretan piala yang akan diperebutkan dalam ajang Moslem Teenagers Competitions (MTC) 2020.

MTC merupakan even tahunan di SMA Khadijah dalam menjaring prestasi siswa muslim dari SMP/MTs se-Jawa Timur dalam bidang Religi, Akademik dan Literasi. MTC 2020 adalah tahun ke-3 mengambil tema “Islamic Millenial Generation in Harmony”.

“Terkait tema inilah SMA Khadijah Surabaya memilih keluarga Ashraf Sinclair sebagai gambaran riil contoh harmonisasi generasi muslim millenial. Tepatnya, keluarga muslim meillenial yang harmonis,” terang Abdul Chaq selaku ketua panitia MTC 2020.

Abdul Chaq menambahkan, Alm. Ashraf Sinclair seorang aktor top sekaligus pengusaha sukses menikah dengan Bunga Citra Lestari (BCL) diva top Indonesia sekaligus aktris. Pasangan artis millenial ini dikarunia satu putra Noah Sinclair (9 th) menjadi keluarga muslim millenial harmonis yang jauh dari terpaan isu dan gosip miring.

Keluarga Ashraf-BCL dikenal sangat Islami, meski keduanya dari latar belakang budaya berbeda. Ashraf Sinclair berpaspor Malaysia, ayahnya Mohammad Antony Sinclair dari Inggris dan Ibunya Khadijah Abdul Rahman orang Melayu. Bunga Citra Lestari (BCL) berdarah Minang putri dari Muchlis Rusli dan Emmy Syarif. Pasangan Ashraf-BCL paduan budaya Melayu-Inggris dan Minang sungguh Islamic Millenial.

Moslem Teenagers Competitions (MTC) 2020 awalnya memperebutkan banyak piala untuk kategori lomba; Banjari, Da’i, Tahfidz, Qiro’ah, Islamic Story Telling, Olimpiade PAI, Olimpiade Matematika, KIR dan Futsal yang diikuti peserta SMP/MTs se-Jawa Timur. Juga piala untuk lomba Menulis Cerpen dan Film Pendek yang karyanya dikirimkan secara online oleh siswa SMP/MTs se-Indonesia.

“Akhirnya, panitia menambah satu lagi piala, yakni Piala Ashraf Sinclair, yang akan diberikan kepada tim atau peserta terfavorit dalam ajang MTC 2020,” cetus wakil kepala sekolah SMA Khadijah Surabaya.

Menurut Abdul Chaq, MTC 2020 terasa istimewa karena pelaksanaannya bersamaan dengan meninggalnya seorang Artis Muslim Millenial, Ashraf Sinclair.

“Apalagi ibunda Ashraf juga bernama Khadijah. Pas juga jika SMA Khadijah Surabaya memberi piala Ashraf Sinclair di ajang MTC 2020,” pungkas Abdul Chaq.(zi/red)