Sampaikan Aspirasi, GMNI Sempat Menemui Kendala Penolakan

0
52

Sampang, (GerakJatim.com) – Aksi Penyampaian aspirasi, Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia cabang Sampang menuai sejumlah penolakan dari pihak Polres setempat, Pasalnya, Dalam aksi tersebut membawa atribut yang tidak boleh dibawa ke halaman Polres Sampang, Rabu(10/6/2020).

Dalam pantauan awak media GerakJatim.com, akibat adanya penolakan tersebut, masa aksi nekat memblokir arus lalu lintas, Sementara jajaran Polres Sampang mengalihkan kendaraan roda empat ke jalur lain, karena sempat terjadi adu argumen antara petugas keamanan dengan peserta aksi.

Maushul Maulana, selaku Korlap dalam aksi tersebut menyampaikan, kegiatan itu bertujuan untuk menyampaikan aspirasi masyarakat dalam kasus covid-19 ini.

Menurut nya sejumlah kasus yang dibawa oleh aktivis GMNI ini, Polres Sampang tidak serius dalam menangani pandemi covid-19, Dalam penjelasannya, jajaran Polres Sampang membiarkan kegiatan yang mengundang banyak kerumunan.

“Para peserta aksi hanya ingin menyampaikan aspirasi, namun dari pihak Polres kami ditolak,” ucapnya di depan kantor Polres.

Tidak hanya itu, dalam aksi yang dilakukan aktivis merah ini, dilengkapi bunga mawar dan atribut berbentuk batu nisan, Sebagai aksi protes dari penolakan itu, masa aksi menaruh batu nisan ini dengan taburan bunga di tengah jalan raya, Akibatnya, massa tidak hanya memblokir jalan raya saja, tetapi mendesak agar mereka diperbolehkan masuk dengan semua atribut yang mereka bawa.

“Kami sudah ada di depan pintu Polres, akan tetapi setelah tahu kami membawa atribut ternyata kami dihadang, kami tegaskan kebebasan itu hanya dapat dibatasi oleh hukum,” tandas Maushul.

Hampir dua(2) jam aksi tutup jalan itu berlangsung, akhirnya masa aksi menemui kesepakatan dengan pihak Polres melalui Wakapolres, M. Lutfi agar aktivis GMNI ini masuk tanpa membawa properti.

“Silahkah teman-teman masuk untuk menyampaikan aspirasi tapi jangan membawa atribut ini,” jelas Wakapolres di halaman Polres.

Selama aksi ini berlansung, masa aksi dari DPC GMNI Sampang ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker dan sosial distancing. (Salim/Red)