Berusia 141 Tahun Pohon Bringin Di Alun-alun Lumajang Terbelah Jadi Tiga

0
70

Lumajang,(GerakJatim.com) – Pohon beringin yang berada di tengah Alun-alun Lumajang tumbang. Pohon tersebut terbelah menjadi tiga. Sekitar pukul 16.15 Wib, Minggu, (17-01-2021).

Beringin yang berdiri sejak zaman Belanda itu diperkirakan berusia 141 tahun. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Awalnya Lumajang diguyur hujan deras. Lalu pohon beringin yang sudah tua dan akarnya yang keropos tak mampu bertahan sehingga tumbang.

“Pohon beringin berusia sekitar 141 tahun di tengah Alun-alun Lumajang tumbang setelah terjadi hujan deras,” ujar Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo kepada Gerakjatim.com.

Petugas BPBD dibantu Satpol PP, TNI, Polri serta Dinas Lingkungan Hidup melakukan pemotongan dan pembersihan pohon beringin tersebut. Besarnya pohon membuat pembersihan membutuhkan waktu cukup lama. Bahkan hingga malam hari.

“Petugas gabungan melakukan pembersihan dan pemotongan pohon beringin berusia ratusan tahun tersebut,” pungkas Wawan.(Red)