BMKG Prediksi Hujan dan Angin Kencang Terjadi di Sejumlah Jawa Timur

0
51
Peringatan dini 3 harian BMKG Juanda/Foto: Istimewa

Surabaya (GerakJatim.com) –¬†BMKG Juanda¬†menginformasikan perkiraan cuaca di Jatim untuk Kamis (13/2/2020). Terlebih, puncak musim ujan akan terjadi sepanjang Februari sampai Maret mendatang.

Hujan lebat disertai angin kencang dan petir akan terjadi di Trenggalek, Batu, Kabupaten/Kota Pasuruan dan Kabupaten Probolinggo. Siang sampai sore hujan turun di Batu, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Lumajang dan Situbondo. Sementara malam hari di Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo dan Situbondo.

“Artinya intensitas hujan yang terjadi akan lebih sering. Mangkanya kewaspadaan kita bersama untuk selalu berwaspada di puncak musim hujan tersebut,” kata Kasi Data dan Informasi BMKG Juanda Teguh Tri Susanto saat dihubungi detikcom.

Pekan lalu, terjadi longsor dan banjir bandang di Kabupaten Mojokerto. Menurut Teguh itu karena faktor hujan dan faktor lain.

Ia menambahkan, Jawa Timur mempunyai daerah dataran tinggi seperti di Nganjuk, Mojokerto, Bondowoso, Jember, Magetan dan Pacitan. “Kewaspadaan ini bahwa karena di Bulan Februari ini dominan untuk hujan masih intens. Terutama di Jawa Timur, seperti wilayah utara Jatim, Tapal Kuda dan sekitarnya,” imbuhnya.

Untuk Surabaya, ia mengatakan BMKG akan terus update perkembangannya. BMKG juga terus mengevaluasi terkait curah hujan tinggi.

“Kewaspadaannya adalah gimana kita kalau sudah terjadi hujan. Harus seperti apa hujan dengan intensitas cukup deras dan angin kencang,” pungkasnya.(sun/bdh)

 

 

Sumber: detik.com