Kapolres Tanjung Perak Kawal Langsung Para Buruh Pekerja Yang Melakukan Aksi Demo

0
75

Surabaya, (Gerakjatim.com) – AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si, MH, memimpin pengawalan rombongan para massa dari buruh pekerja yang terindetifikasi melakukan aksi Demo, Kamis, (08/10/2020).

Saat itu ratusan personil gabungan dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak, anggota TNI dan instansi lainnya sudah menyebar dan menempati titik-titik jalur yang akan dilalui para pendemo sejak pagi hari.

Foto : Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.Si., M.H., mengawal para buruh pekerja yang melakukan Demo.

Termasuk juga anggota Polsek jajaran yang ikut dilibatkan untuk memperkuat pengamanan dan pengawalan rombongan massa yang terindetifikasi untuk melakukan aksi Demo yang menentang undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja itu.

Rombongan para buruh pekerja perusahaan-perusahaan swasta ini memasuki wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak dari berbagai arah. Namun kemudian dilakukan penyekatan jalur untuk melewati rute Jl. Margomulyo guna menghindari kemacetan.

Ketika tiba di Jl. Margomulyo sekitar pukul 08.30 Wib, rombongan para buruh dan perkerja mulai melakukan orasi sambil terus bergerak, untuk mengajak para pekerja lain di lingkungan industri Jl. Margomulyo untuk ikut melaksanakan aksi Demo di kantor Gubernur Jatim tolak Omnibus Law.

Saat itu Kapolres memimpin langsung pengawalan rombongan buruh dan pekerja itu, dengan mengendarai sepeda motor. Dia berada di posisi paling depan dikuti Anggota Patroli Satlantas Polres Tanjung Perak.

Pengawalan ini dilakukan sampai rombongan tersebut keluar dari wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

Sore harinya pengawalan kembali dilakukan setelah para buruh selesai melaksanakan aksi unjuk rasa dan diantar hingga meninggalkan wilayah Polres Pelabuhan Tanjung Perak.

Menurut Kapolres, sepanjang pengawalan tidak ada hal-hal negatif yang terjadi. Situasi tetap aman dan kondusif, dimana para buruh dan pekerja mengikuti aturan dan arahan yang ditetapkan pihaknya.

“Jadi pengamanan dan pengawalan kami lakukan sepanjang ada di wilayah hukum Polres Pelabuhan Tanjung Perak. Tujuan kami untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk mencegah kemacetan dan gesekan dengan para pengguna jalan yang lain,” ujarnya. (Ibad/Ros)