Mobil Yang Videonya Viral Terseret Lahar Di Lumajang Ditemukan Tinggal Rangka

0
508

Lumajang,(GerakJatim.com) – Video viral mobil terseret banjir lahar dingin Gunung Semeru di Lumajang, Senin (8/2/2021). Mobil itu diketahui milik warga bernama Sudi (42). Saat itu mobil Isuzu Panther terseret di Sungai Curah Kobokan Desa Supit Urang Kecamatan Pronojiwo.

Kini, kondisi mobil yang saat kejadian diparkir di Sungai Curah Kobokan ditemukan di Sungai Leprak. Sungai Leprak merupakan hilir Sungai Curah kobokan yang berjarak sekitar 6 KM dari Sungai Curah Kobokan yang berhulu dari Gunung Semeru.

Namun warga menemukan mobil tersebut tidak utuh lagi. Hanya berupa dua roda kendaraan dan bagian AS kendaraan. Sementara bodi mobil tersebut hingga kini belum ditemukan.

“Iya, ditemukan. Tapi bagian mobil yang ditemukan hanya berupa as dan dua roda kendaraan. Sementara bodi kendaraan yang kemarin terseret banjir lahar dingin Gunung Semeru hingga kini belum ditemukan,” ujar seorang warga Desa Sumber Wuluh, Nur Kholis kepada awak media, Selasa (9/2/2021).

Peristiwa mobil terseret lahar dingin terjadi sekitar pukul 15.30 WIB. Kejadian berawal saat pemilik mobil mengantar BBM alat berat untuk menambang di sekitar lokasi. Mobil kemudian diparkir di pinggir sungai dan pemilik mobil meninggalkan kendaraannya.

Namun, kondisi di sekitar Gunung Semeru saat itu hujan, tiba-tiba banjir lahar hujan. Banjir lahar ini mengalir ke Daerah Aliran Sungai (DAS) Curah Kobokan. Selain mobil, warung dan musala ikut diterjang banjir lahar dingin. Kini tertimbun material lahar dingin Gunung Semeru berupa pasir dan batu setinggi 2 meter.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. Namun, kerugian material ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

“BPBD mengimbau kepada warga yang tinggal di sekitar bantaran sungai serta para penambang agar mewaspadai banjir lahar Gunung Semeru di sejumlah daerah aliran sungai (DAS) yang berhulu dari Gunung Semeru,” ujar Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Lumajang Wawan Hadi Siswoyo.