Tebing Longsor, Jalur Malang-Kediri Tutup Total

0
281

Malang,(GerakJatim.com) – Longsor terjadi di Desa Jombok, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Akses jalur Malang-Kediri tertutup total.

“Sampai sekarang akses jalan tertutup material longsor. Jadi kendaraan dari Kota Batu maupun Kediri tidak bisa melintas,” ujar Kasatlantas Polres Batu AKP Mala Darlius melalui sambungan telpon, Selasa (2/2/2021).

Mala mengaku petugas sudah diterjunkan di wilayah Pujon untuk memandu pengendara dari arah Kota Batu agar putar balik. Rambu penunjuk supaya putar balik juga telah dipasang.

“Rambu-rambu dan juga petugas sudah kami terjunkan di wilayah Pujon, untuk memandu pengguna jalan dari arah Kota Batu akan menuju Kediri untuk putar balik,” akunya.

Menurut Mala, BPBD Kabupaten Malang bersama Bina Marga telah mendatangkan alat berat ke lokasi longsor.

“Namun, belum dilakukan pembersihan material longsor, karena masih terjadi longsor susulan,” tegasnya.

Pusdalop BPBD Kabupaten Malang menyebut, hujan lebat sebelumnya mengguyur wilayah Ngantang, Kabupaten Malang dan sekitarnya mulai pukul 14.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB.

Karena hujan lebat itu, mengakibatkan tebing setinggi 25 meter dengan lebar 10 meter longsor. Setidaknya 100 kubik lebih material longsor menutup badan jalan.

Longsor susulan kemudian terjadi setinggi 15 meter dengan lebar 7 meter, dan volume material longsor bertambah dan menutup total jalur provinsi Malang-Kediri.(Red)