Warga Ijen Terdampak Banjir Bandang Diimbau Tak Balik ke Rumah

0
81
Foto: Chuk S Widarsha

Bondowoso,(GerakJatim.com) – Dua desa di wilayah Kecamatan Ijen diterjang banjir bandang. Warga sekitar bantaran sungai diimbau untuk tetap siaga, mengantisipasi banjir susulan.

“Kami mengimbau agar warga yang ada di bantaran sungai agar jangan dulu membersihkan rumahnya,” kata Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz saat ditemui di lokasi kejadian, Sabtu (14/3/2020).

Pertimbangannya adalah kekhawatiran masih ada banjir susulan. Sebab, di hulu atau kawasan atas cuaca masih mendung gelap. Sehingga masih berpotensi hujan lagi.

“Jika perlu, warga bisa mengungsi dulu sementara ke tempat yang lebih aman, hingga cuaca dipastikan baik,” tandas Erick.

Erick juga menegaskan bahwa persoalan membersihkan rumah maupun hal lain bagi warga terdampak bisa ditunda dulu sementara dan dapat diselesaikan kemudian.

“Yang paling penting adalah keselamatan diri dulu. Toh, besok kita masih bisa bersama bergotong-royong membersihkan rumah warga terdampak,” ujar Erick.

Pantauan di lapangan, sedikitnya 2 peleton terdiri dari jajaran Polres dan TNI dari Kodim 0822 Bondowoso sudah tiba di lokasi kejadian. Mereka siaga untuk membantu warga terdampak.

Tak hanya itu. Mereka juga membawa peralatan pendukung lainnya berupa tenda-tenda darurat, serta peralatan lainnya untuk membantu warga.

Banjir bandang kembali menerjang wilayah Ijen. Banjir saat ini disebutkan lebih besar dibanding kejadian sebelumnya.

Menurut keterangan warga setempat, banjir bandang saat ini tampak lebih besar dibanding sebelumnya. Kali ini luapan air terlihat lebih meluas ke rumah-rumah warga.(iwd/iwd)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: news.detik.com/jawatimur