Blega Banjir Setiap Hujan Turun, DPRD Jatim Bersama Bupati Bangkalan Tinjau Lokasi Banjir

0
87

Bangkalan,(GerakJatim.com) – Banjir musiman yang terjadi setiap musim hujan di Kecamatan Blega, Kabupaten Bangkalan menjadi perhatian Khusus dari Anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Timur. Bersama Bupati Bangkalan R.Abdul Latif Amin Imron, Rombongan Anggota Komisi D DPRD Jawa Timur dan perwakilan Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur memantau secara langsung Daerah Aliran Sungai (DAS) Blega sekaligus melakukan sharing pendapat bersama masyarakat blega terkait solusi penanganan banjir, Selasa (29/12/2020).

Pada kesempatan tersebut wakil Ketua komisi D DPRD Jawa Timur Mohammad Ashari, peninjauan DAS dan sharing pendapat bersama.masyarakat serta tokoh masyarakat di Kecamatan Blega ditujukan untuk mencari solusi terbaik untuk penanganan banjir di Blega.

“Jadi banjir yang terjadi di Blega ini sudah bertahun-tahun terjadi sehingga perlu di perhatikan, jika dibiarkan akan terus merugikan masyarakat serta menghambat jalur transportasi ke 3 Kabupaten lainnya,” jelasnya.

“Karena itu, pada kesempatan ini kami sengaja menghadirkan Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya AirProvinsi Jawa Timur untuk melihat langsung lokasi banjir dan menampung berbagai saran dari masyarakat sehingga nantinya bisa dikaji dan ada penanganan dari hilir dan hulu, sehingga permasalhan banjir tuntas. Salah satunya setelah melihat keadaan sungai perlu adanya normalisasi sehingga bisa menampung debit air yang banyak ketika hujan dan air laut pasang,” Lanjutnya.

Sedangkan Pramono Hari Setiawan Kabid Sungai Waduk Pantai PU SDA Jawa Timur mengatakan, untuk mengatasi banjir di wilayah madura termasuk di kabupaten Bangkalan pihak Provinsi Jawa Timur telah membentuk UPT PSDA WS Madura.

Selain itu sebelumnya Pramono juga mengatakan PU SDA juga telah melakukan kajian terkait banjir di blega pada tahun 2009. “Itu hasil kajian sebelumnya, sehingga nanti kita perlu melakukan kajian ulang, sehingga ada solusi yang tepat, dan lebih relevan” pungkas Pramono.

 

 

 

Jurnalis holik