BPBD Jatim Gelar Lomba Desa Tangguh Bencana (DESTANA), Koordinator TAGANA Jatim Hadir Dijajaran Team Penilai

0
56

Surabaya, (GerakJatim.com) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Jawa Timur menggelar kegiatan sigap tanggap kebencanaan dengan program Desa Tangguh Bencana atau DESTANA untuk beberapa kabupaten dan kota di jawa timur.

Tenaga Ahli BPBD Jatim “Suban Wahyudiono” ketika dikomfirmasi by phone menyampaikan bahwa, kegiatan ini bertujuan mengurangi resiko bencan serta meminimalisasi kerugian-kerugian yang akan dialami.

“Kegiatan ini merupakan langkah perlindungan dini masyarakat terhadap ancaman bencana. Program ini juga sejalan dengan strategi yang menjadi prioritas rencana nasional penanggulangan bencana (RENAS PB) 2010-2014 yang antara lain adalah penanganan bencana berbasis masyarakat serta peningkatan peran LSM dan organisasi mitra pemerintah dan pemaduan progra pengurangan resiko kedalam rencana pembangunan. Empat aspek ini telah digariskan dalam perka Nomor 3 THN 2008” jelasnya .

Giat ini di start sejak Selasa 08/9 dan dijadwalkan berakhir pada jumat 18/9 mendatang.

Pada kegiatan ini Koordinator TAGANA JATIM “TWI ADI S,ag” juga terlibat didalamnya yang berada di deretan team penilai kegiatan bersama dua orang lainnya dari unsur Dinas Sosial provinsi jawa timur, Alex Kusnanto dan Priyo Prasojo .

“Hal ini menjadi sangat penting sekali sebagai langkah kongkrit dalam upaya mempersiapkan masyarakat kita menjadi masyarakat yang tangguh dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan datangnya bencana. Terlebih pada masyarakat di desa yang rawan akan terjadinya bencana, baik bencana alam ataupun bencan sosial” Twi Adi menjelaskan (Syaiful/Red).