Ditunjuk Jokowi Sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Ini Tiga Strategi Sandiaga Uno

0
139

Jakarta,(Gerakjatim.com) – Sandiaga Salahuddin Uno menyebut, penunjukan dirinya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif atau Menparekraf merupakan tugas yang amat sulit.

Hal ini disampaikan saat memberikan pidato di istana negara pada Selasa (22/12).

“Tugas dan amanah yang disampaikan Bapak Presiden dan Wapres teramat sangat berat, karena kebangkitan bangsa Indonesia untuk pulih dari Covid-19 dan melanjutkan agenda pembangunan terutama di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif sangat tergantung dari pemulihan kesehatan dari sisi covid-19 dengan upaya kita menerapkan protokol kesehatan dan disiplin”, ungkap Sandi saat memberikan pidato (22/12).

Sandi menyebut, industri pariwisata dan ekonomi kreatif akan menjadi lokomotif perekonomian Indonesia pasca pandemi.

“Adapun sektor Ekonomi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini akan menjadi lokomotif pasca pandemi Covid-19”, tambahnya.

Untuk dapat membangkitkan kembali ekonomi, Calon Wakil Presiden 2019 lalu ini mengatakan, dirinya memiliki tiga cara jitu untuk membawa dunia pariwisata dan ekonomi kreatif menjadi lebih maju, yakni dengan strategi inovasi, adaptasi dan kolaborasi.

1. Inovasi

Menurut Sandi, inovasi sangat dibutuhkan di tengah perkembangan teknologi yang pesat saat ini. Menurutnya, pendekatan ini dapat dijadikan acuan untuk membuat strategi pengembangan ekonomi.

“Strategi inovasi dengan menggunakan teknologi, pendekatan big data, pendekatan kekinian untuk memetakan, baik dari segi potensi, penguatan, dan memastikan para pelaku sektor ekonomi pariweisata dan ekonomi kreatif”, pungkasnya.

2. Adaptasi

Selain inovasi, suami Nur Asia ini juga menyebut akan melakukan strategi adaptasi. Hal ini dibutuhkan karena Indonesia masih berada pada pandemi Covid-19. Oleh karena itu, adaptasi perilaku masyarakat sangat dibutuhkan.

“Strategi adaptasi, karena kita sekarang menghadapi pandemi, mendahulukan kesehatan dan keselamatan di setiap destinasi pariwisata, di setiap lini ekonomi kreatif” imbuhnya.

3. Kolaborasi

Strategi terakhir yang akan dilakukan Mantan Cawapres 2019 ini adalah kolaborasi. Menurutnya, ini sangat penting karena untuk bisa keluar dari permasalahan ekonomi ini dibutuhkan sinergi dari selurh stakaholder.

“Kolaborasi, kita akan berkolaborasi dengan semua pihak, kementerian, lembaga, pemerintah pusat, pemerintah daerah, pemerintah provinsi, kabupaten kota, akademisi, universitas maupun masyarakat dunia usaha” kata Sandi.

Sebelumnya, Sandiaga Uno ditunjuk Presiden Joko Widodo untuk menggantikan tugas Wishuntama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.(As/Red)

 

 

 

Kompas