Fakta Baru Zona Merah Virus Corona di Jawa Timur

0
1610
Peta penyebaran corona di Jatim (Foto file: Faiq Azmi/detikcom)

Surabaya,(GerakJatim.com) – Zona merah penyebaran virus corona yang ditetapkan untuk wilayah Jawa Timur rupanya tidak main-main. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut, Jumat (20/3/2020) pukul 16.00 WIB menyebut 15 orang positif corona.

13 Di antaranya warga Surabaya dan 2 lainnya warga Malang. Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 72 dan Orang Dalam Pemantauan (ODP) berjumlah 635. Wilayah yang paling banyak terdampak corona di Jatim ada di kawasan Malang Raya dan Kota Surabaya. Sedangkann penyebaran ODP dan PDP ini disebut hampir berada di seluruh wilayah Jatim.

“Bila ada wilayah terjangkit positif corona, maka kami masukkan dalam zona merah,” kata Khofifah saat Konferensi Pers di Gedung Negara Grahadi, Jumat (20/3/2020).

Penyebaran ODP dan PDP ini disebut hampir berada di seluruh wilayah Jatim. Gubernur Khofifah juga telah mengeluarkan status Keadaan Darurat Bencana Penyakit akibat Covid-19 di Jawa Timur.

Keputusan ini tertuang dalam nomor surat no.188/108/KPTS/013/2020. Khofifah mengatakan hal ini mengacu pada Keputusan Kepala BNPB No.13.A/2020.

Khofifah menambahkan pihaknya telah melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak. Koordinasi ini untuk meminta bantuan tracing atau pelacakan orang-orang yang telah melakukan kontak dengan Pasien Positif Corona.

“Kami sudah mengkoordinasikan dengan Kodam V/Brawijaya Pak Pangdam dan Kapolda Jatim bahwa di dalam proses tracing, kita akan meminta tim dari Kodam dan tim dari Polda untuk bersama-sama tracing dari penyebaran, dari Lantamal V Surabaya dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unair juga membantu,” imbuhnya.

Sementara itu ini rincian penyebaran virus corona. Malang Raya menduduki posisi pertama dengan rincian 24 orang ODP, 8 orang PDP dan 2 orang dinyatakan positif corona. Kota Surabaya kemudian menyusul dengan 18 ODP, 8 PDP dan 7 orang dinyatakan positif.

Jember menyusul dengan 16 ODP dan 3 PDP. Sidoarjo mengekor di peringkat 4 dengan 10 ODP dan 3 PDP. Tulungagung terdapat 1 ODP dan 4 PDP. Lalu Mojokerto 5 ODP.

Jombang 1 ODP, Gresik 1 PDP, Bangkalan 1 ODP, Kabupaten Pasuruan 1 ODP, Situbondo 1 ODP dan 1 PDP, Bondowoso 2 ODP, Banyuwangi 1 ODP, Lumajang 1 PDP.

Blitar 2 ODP, Trenggalek 2 ODP, Ponorogo 1 PDP, Pacitan 2 PDP, Bojonegoro 1 ODP, Tuban 2 ODP, Lamongan 2 ODP, Kabupaten Kediri 2 ODP, dan Magetan 1 ODP.

Hingga Kamis (19/3/2020) pukul 18.00 WIB terdapat 9 pasien positif corona, 36 Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan 91 Orang Dalam Pemantauan (ODP) di Jatim. Persebaran wabah corona tersebut ada di 23 kabupaten/kota se-Jawa Timur.(fat/fat)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: news.detik.com/jawatimur