Haji Ab Wabup Sampang Hadiri Musda Pramuka Jatim, Ini Harapannya

0
49

Batu,(Gerakjatim.com) – Wakil Bupati Sampang selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Sampang H. Abdullah Hidayat menghadiri Musyawarah Daerah (Musda) Gerakan Pramuka Jawa Timur tahun 2020 di Singhasari Hotel, Kota Batu, Selasa (15/12/2020).

Musda yang digelar di Kota Batu tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang dilaksanakan selama tiga hari (15-17/12/2020) dengan diikuti seluruh Kwartir Cabang Pramuka di Jawa Timur.

Berbeda dari pelaksanaan Musda sebelumnya, Musda kali ini menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19 hingga dua kali dilakukan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki gedung digelarnya Musda.

Agenda Musda dimulai dengan Laporan Kerja Kwarda Jatim kemudian dilanjutkan dengan Sidang Komisi yang diantaranya membahas Rencana Program Kerja Kwarda Jabar lima tahun ke depan dan diakhiri dengan pemilihan Ketua Kwarda Jatim untuk masa bakti 2020-2025.

Dalam sambutannya, Gubernur selaku Majelis Pembimbing Daerah (Mabida) Kwartir Daerah (Kwarda) Jatim bersyukur Musda Pramuka Jatim tahun 2020 bisa terlaksana.

“Tentu semua sudah menyiapkan program strategis, menyiapkan Kwarsa Jatim tetap terdepan,” ujarnya.

Bagi Khofifah, Pramuka adalah elemen strategis pemerintah. Pramuka menjadi penjaga moral force (kekuatan moral) di negeri ini lewat pendidikan karakter guna menjaga NKRI.

Menurutnya saat ini menjadi intermediasi antara pendidikan di sekolah dengan pendidikan di keluarga.

“Musyawarah Mufakat harus tetap terjaga, biarkan Pramuka tetap pramuka,” kata Khofifah.

Sementara itu, Wakil Bupati Sampang selaku Ketua Kwarcab Sampang menyambut baik Musda yang digelar Kwartir Daerah Jawa Timur sebagai forum tertinggi dalam pengambilan keputusan dan penentuan kebijakan untuk memilih dan menetapkan kepengurusan yang baru.

Selain itu, Musda juga sebagai ajang pengembangan Pramuka penegak dan Pandega di tingkat Kwarcab kedepan serta merajut silaturahmi sesama kwarcab se Jawa Timur.

Pria yang akrab disapa Haji Ab berharap pelaksanaan Musda berjalan lancar serta terpilih Ketua Kwarda yang dapat mengayomi serta membesarkan nama Pramuka Jawa Timur hingga Nasional dan international.

“Saya harap pemimpin yang baru dapat membawa perubahan serta mengayomi Pramuka Jawa Timur khususnya Sampang sehingga mampu bersaing di kancah Nasional dan international,” harapnya.

Sekedar diketahui, turut hadir dalam pembukaan Musda Pramuka Jatim diantaranya Wagub Jatim Emil Dardak, Pangdam V Brawijaya, Mayjend TNI Suharyanto, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, Dan Lantamal V Surabaya, Laksamana Pertama TNI Tedjo Sukmono SH CHRMP, Sekjen Kwarnas Pramuka Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar Utomo, S.IP, M.AP, dan Ketua Kwarda Jatim Syaifullah Yusuf. (dhe)