HUT Petrosida Ke 36, Panen Raya Jagung Dilakukan di Probolinggo

0
25

Probolinggo, (Gerakjatim.com) – Direktur Utama (Dirut) PT Petrosida Gresik, Bintaro Riyadi Broto melakukan panen raya jagung di Desa Sumber Rejo Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo. Panen raya jagung seluas 10 hektar tersebut, sebagai langkah awal untuk menyambut HUT PT Petrosida Gresik ke 36.

“Perlu kami sampaikan bahwa petrosida gresik adalah perusahan agroindustri yang bergerak dibidang pestisida dan pupuk serta merupakan anak perusahaan dari PT Petrokimia Gresik, sebagai salah satu pabrik pupuk terbesar di Indonesia,” jelas Direktur Utama PT Petrosida Gresik, Bintaro Riyadi Broto, Rabu, (07-10-2020).

Menurutnya, Produk produk yang diproduksi oleh petrosida gresik sudah banyak digunakan dan dirasakan manfaatnya oleh petani.

“Antara lain Sidamethrin, emazo untuk mengendalikan ulat FAW pada jagung, Gisentro untuk mengendalikan gulma pada jagung, dan suhle untuk mengendalikan bulai pada jagung,” paparnya.

Selain itu, dengan adanya program Kotani yang merupakan program kemitraan yang ditujukan kepada para petani melalui kios kios binaan petrosida gresik.

“Program yang berbasis kawalan teknologi berbudidaya baik padi, jagung, kedelai, bawang merah dan lain-lainnya. Digagas agar memberikan pengetahuan kepada para petani tentang cara berbudidaya yang tepat serta menggunakan pestisida dengan baik dan benar,” paparnya.

Sebab, program kotani ini tersebar di wilayah Jawa barat, Lampung dan Jawa Timur. Sedangkan di Jawa Timur sendiri meliputi Probolinggo, Lamongan, Jombang, Nganjuk, Bojonegoro, Ngaw.

“Yang totalnya mencapai 287 Ha. Khusus di Probolinggo, luas lahan program kotani mencapai 100 Ha di wilayah Kotaanyar dan Paiton yang dikawal oleh rekan-rekan petrosida dan disupport oleh kios pupuk subsidi al hikmah,” ungkapnya.

Luas lahan ini masih kata Bintoro, masih kecil dibandingkan dengan luas tanam jagung yang ada di Probolinggo.

“Harapan kami bisa menggandeng dinas pertanian baik PPL atau BPP agar wilayah lain selain Paiton juga bisa bekerjasama dan bersama-sama membangun pertanian Indonesia agar lebih maju dan berkembang dengan menggunakan produk-produk dalam negeri khsususnya petrosida gresik melalui program kotani,” tegasnya.

Dalam panen raya jagung tersebut, di hadiri langsung oleh perwakilan Dinas Pertanian, Camat Paiton, Kapolsek serta Danramil dan para Kelompok tani lainnya. (Rasid)