Gerak Jatim

Kapolres Tanjung Perak Hadiri Peluncuran Layanan GeNose C19 di Pelabuhan GSN

Surabaya, (Gerakjatim.com) – Peluncuran layanan GeNose C19 bagi penumpang kapal laut dalam rangka mendukung penerapan praktik 3T (Tracing, Testing dan Treatmen) guna mencegah persebaran Virus yang mematikan yaitu Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Kegiatan yang berlangsung pada hari Sabtu tanggal 17 April 2021 di Pelabuhan Gapura Surya Nusantara (GSN) itu, dimulai pada pukul 08.14 Wib dan dihadiri Dirjen Hubla Agus H. Purnomo. Termasuk Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si, M.H., yang didampingi Kabag Ops Kompol Eko Nur Wahyudiono dan Kasat Lantas AKP Eko Adi Wibowo.

Turut serta diantaranya CEO PT Pelindo III Bapak Onny Djayus, Direktur Sumber Daya Manusia PT Pelindo III Bapak Edi Priyanto, Direktur Operasi dan Komersial PT Pelindo III Bapak Putut Sri Muljanto, Kepala KKP Tanjung Perak Ibu dr. Diah Wahyu Tjahjana, Kepala Syahbandar Tanjung Perak Bapak Yunihasto, Perwakilan Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Perak dan Perwakilan Direktur Pt. Pelni Cabang Surabaya.

Juga ikut menjadi tamu undangan yakni 15 wartawan dari media cetak maupun On-line serta 30 orang calon pengguna jalan GeNose C19.

Layanan GeNose ini dikhususkan bagi warga yang akan bepergian keluar pulau dengan menggunakan kapal laut.

Langkah pemeriksaannya sangat mudah. Dimana calon penumpang hanya menunjukan tiket kapal dan identitas, kemudian isi form identitas, lakukan pembayaran, pemeriksaan dan selanjutnya hasil akan keluar.

Biaya layanan GeNose yakni Rp. 30.000 per orang. Dimana biaya ini cukup murah dibanding dengan jenis tes lainnya. Dan untuk masa berlaku hasil tes GeNose hanya 1×24 jam.

Layanan GeNose ini diharapkan dapat membantu dan mendorong peningkatan masyarakat yang akan berpergian ke luar daerah.

Dalam sambutannya Dirjen Hubla Agus H. Purnomo mengatakan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung atas layanan GeNose yang ada di Pelabuhan Tanjung Perak ini.

“Karena layanan ini sangat membantu masyarakat yang kesulitan mendapatkan hasil tes Covid-19,” ucap Dirjen Hubla Agus H. Purnomo dalam sambutannya.

Selain itu Dirjen Hubla Agus H. Purnomo juga mengatakan, layanan ini sangat membantu pemerintah dalam menekan persebaran Covid-19, alat ini akan semakin meringankan beban biaya calon penumpang yang akan bepergian menggunakan kapal laut.

“Saya mengapresiasi Pelindo III yang telah menyediakan alat deteksi dini Covid-19 GeNose C19, kita tau ini biayanya cukup terjangkau sehingga masyarakat tak lagi terbebani dengan biaya tambahan selama bepergian seperti rapid test dan lainnya. Saya berharap semua pelabuhan dan sarana angkutan laut bisa memiliki fasilitas ini semua,” tutupnya. (Rena)

Exit mobile version