Kapolres Tanjung Perak Pantau Pelaksanaan Donor Plasma Konvalesen Anggotanya

0
20

Surabaya,(Gerakjatim.com) – Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H., memantau pelaksanaan screening kesehatan dalam rangka pelaksanaan donor plasma konvalesen di Pelabuhan Gapura Surya Nusantara (GSN) Tanjung Perak, pada Jum’at (22/01/2021).

Pelaksanaan donor plasma konvalesen ini digelar oleh PT. Pelindo (Pelabuhan Indonesia) III, yang diikuti para personil Polres Pelabuhan Tanjung Perak yang telah sembuh dari Covid-19, sebagai wujud kepedulian Polri dalam menangani dan pencegahan virus COVID-19.

Kapolres memantau anggotanya disaat Donor berlangsung

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 Wib, ini dilaksanakan oleh tim medis PMI Cabang Surabaya. Saat itu sebanyak 15 orang anggota Polres Pelabuhan Tanjung Perak yang menjalani screening kesehatan untuk donor plasma konvalesen.

Adapun sreening yang dilakukan meliputi cek tekanan darah atau tensi darah, cek kondisi tubuh untuk memastikan dalam keadaan fit. Termasuk cek darah melalui laboratorium untuk memastikan bebas dari HIV, hepatitis B, hepatitis C.

Menurut Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H., bahwa pihaknya, untuk saat ini masih sebatas screening kesehatan, sambil menunggu hasil screening tersebut keluar dua hari kedepan.

Beberapa Anggota Polres Tanjung Perak saat mengikuti donor plasma konvalesen

“Jika nantinya hasil screening antibodinya bagus atau dinyatakan layak untuk donor plasma konvalesen dikantor PMI Jalan Embong Ploso, maka dapat bermanfaat bagi orang lain yang membutuhkan,” ujar Bunda Ganis sapaan lekat Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak.

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan kepada seluruh warga masyarakat, khususnya Surabaya mari bersama-sama membantu mendonorkan Plasma Darah Konvalesen kepada saudara yang sekarang ini sedang dalam perawatan untuk berjuang melawan wabah Covid-19.

“Semoga upaya ini dapat membantu saudara-saudara kita yang sedang terpapar Virus Corona. Sehingga laju penyebaran Virus Corona dapat segera teratasi,” terangnya.

Selain itu, Bunda Ganis juga berharap kepada para penyintas Covid-19 agar tergerak hatinya untuk mendonorkan plasma Konvalesen di PMI.

“Jadi, donor darah plasma konvalesen adalah donor darah dari penyintas Covid-19 untuk membantu pasien lain yang belum sembuh dari corona,” katanya.

Buda Ganis juga berpesan agar Tetap Patuhi Protokol Kesehatan, dengan cara 3M yaitu Menggunakan Masker, Menjaga Jarak dan mencuci tangan pakai sabu, dan hindari kerumunan serta kurangi interaksi di luar rumah.

 

Jurnalis Rena