Komandan Lantamal V Tinjau Pelaksanaan Pendisiplinan PPKM Skala Mikro di Jl. Pegirikan

0
10

Surabaya, (Gerakjatim) – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) V, Laksamana Pertama TNI Mohammad Zaenal, S.E., MM., M.Soc., Sc., meninjau pelaksanaan satuan tugas Covid-19, yang melakukan Pendisiplinan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Skala Mikro di depan kantor Kelurahan Ampel, Jl. Pegirikan Surabaya, pada Senin (01/03/2021).

Sejak terjadinya wabah Pandemi Covid-19, TNI AL melalui Lantamal V berperan aktif dalam penanggulangan penyebaran Corona virus Disease 2019 (Covid-19), mengerahkan prajurit Lantamal V dengan prajurit TNI AD di lima belas titik wilayah yang ada di lingkungan kerja Lantamal V khusunya di Jawa Timur.

Didampingi Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak AKBP Ganis Setyaningrum, S.Si., M.H., bersama Camat Semampir Siti Hindun Robba Humaidiyah, S.Pd., S.R., M.Si., Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Mohammad Zaenal, S.E., MM., M.Soc., Sc., mengatakan, kegiatan Satgas Pendisiplinan PPKM Skala Mikro merupakan Implementasi dari sinergitas TNI-POLRI dan elemen pemerintah lainnya dalam percepatan penanggulangan Covid-19 di Surabaya.

“Alhamdulillah sinergitas ini berjalan dengan baik dan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat khususnya didalam membantu program pemerintah dalam penanggulangan Covid-19,” ucapnya.

Saat ini Lantamal V juga telah memiliki Fasilitas Kesehatan Fast Laboratorium Mobile Unit dan PCR dalam upaya percepatan penanggulangan Covid-19, Fasilitas Kesehatan tersebut merupakan dukungan dari kepala staf Angkatan Laut (Kasal) melalui Dinas Fasilitas Pangkalan TNI AL (Disfalanal).

Tingginya kemampuan mobilitas dari Fastlap dan FCR ini maka, Fasilitas Kesehatan tersebut akan digunakan untuk mendukung pelaksanaan operasi Pendisiplinan PPKM Skala Mikro yang dilaksanakan diwilayah kerja dari Lantamal V dengan terjun langsung di tengah masyarakat.

“Keberadaan unit ini untuk melaksanakan 3T yaitu (Testing) yang merupakan tindakan Tes Covid-19 dan (Tracing) yang merupakan penelusuran kontak erat serta (Treatment) yang merupakan tindak lanjut perawat pada pasien Covid-19, harus dilakukan di rumah sakit yang menjadi rujukan bagi pasien Covid-19,” tutur Komandan Lantamal V Laksamana Pertama TNI Mohammad Zaenal, S.E., MM., M.Soc., Sc.

“Sedangkan dalam aspek Treatment bagi para pasien Covid-19 di rumah sakit Dr Oepomo Jl. Laksda Moh. Nazir No.56, Perak Utara Surabaya yang ada di bawah Lantamal V saat ini selain melaksankan pelayanan kesehatan bagi Prajurit TNI AL dan keluarganya maupun masyarakat, juga merupakan rumah sakit yang menjadi rujukan bagi penanganan pasien Covid-19,” pungkasnya.

 

Sembari melakukan peninjauan, Komandan Lantamal V bersama Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak dan instansi lainnya juga memberikan masker kepada para pengguna jalan yang melintas dilokasi. (Rena)