Kunjungan Gubernur Jatim Ke Kota Wisata Batu Disambut Meriah Warga Desa Pendem

0
195

Batu, (GerakJatim.com) – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa didampingi beberapa kepala Dinas Provinsi Jawa Timur, Dirut RSUD dr Soetomo Surabaya dan Dirut RSSA Malang melakukan kunjungan dinas ke Kota Wisata Batu, Kabupaten Malang dan Kota Malang (27/5/2020)

Dengan kendaraan Mercedes Benz Sprinter 315 CDI dengan nopol L 7647 BS, rombongan Gubernur bertolak dari gedung Negara Grahadi Surabaya jam 12.30 dan tiba di Desa Pendem Kecamatan Junrejo Kota Batu tepat jam 15.00 WIB atau mundur satu jam dari waktu yang dijadwalkan, Kedatangan orang nomor satu di jawa timur itu disambut Forkopimda Kota Batu dan warga Desa Pendem dalam suasana halal bihalal yang sangat meriah.

Di desa ini gubernur dan rombongan meninjau “kampung tangguh” yaitu kawasan yang bersih dan bebas dari covid-19 dengan dilengkapi bak cuci tangan di setiap sudut jalan dan semprotan desinfektan pada gerbang pintu masuk Jalan Panderman.

Ada beberapa pemuda relawan yang tergabung di satgas covid-19 yang selalu siap tanggap setiap saat apabila diperlukan untuk tindakan penanganan korban covid-19 sampai dengan mengebumikan.

Dengan didampingi wali kota Batu Dewanti Rumpoko, ibu mantan menteri sosial tersebut merasa senang dan sangat menikmati kunjungan singkatnya, Sembari mendengarkan paparan dari juru bicara yang memimpin acara tersebut, ibunya Fatayat Jawa timur menyempatkan diri berhalal bihalal dengan warga sekitar.

“Semoga masyarakat tetap sehat-sehat nggeh, selalu jaga kebersihan, insya allah kita bebas dari penyakit apa pun” sela bu wali dengan penuh do’a.

Selain itu kampung ini memiliki Lumbung Padi atau Lumbung Pangan Mandiri yg sudah berdiri sejak tahun 2000 an, Dari Lumbung ini telah diproduksi hasil panen padi petani setempat dan hasilnya didistribusikan ke para tengkulak lokal untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat kota Batu dan sekitar.

Sekretaris kelompok tani Wiji Aji Bumi menerangkan “Di area Lumbung padi ini juga tersedia budidaya ikan lele dan beberapa macam tanaman sayur sebagai persediaan tambahan selain hasil panen padi” tutur Jumadi di sela-sela menjemur padi.

Setelah dari Desa Pendem, Gubernur bergeser ke kampung tangguh Desa Sitirejo Kecamatan Wagir Kabupaten Malang untuk melihat kelengkapan APD, Lumbung Pangan, Ruang Isolasi dan tempat pemeriksaan bagi pendatang dari luar kota.

Usai kunjungan di kecamatan Wagir Gubernur akan melanjutkan lawatannya ke Kelurahan Purwantoro kecamatan Blimbing kota Malang untuk meninjau tempat, Isolasi mandiri, Lumbung Pangan, Mlijo gratis dari warga yang mampu untuk warga yang tidak mampu, Melihat langsung panen ikan lele/ mujaer dari budidaya warga setempat dan Maninjau kebun sayur kangkung dan hidroponik.

Kunjungan akan berakhir di kantor Bakorwil Malang untuk melaksanakan Presscon Update Covid-19, Untuk selanjutnya rombongan akan bergerak kembali ke Surabya.(Edy/Red)