Penerus Ideologi Bung Karno Semangati Tim Medis Dan Gugus Tugas Dalam Penanganan Covid-19 Di Sampang

0
53

Sampang, (GerakJatim.com) – Kasus penyebaran virus Covid-19 yang semakin pesat di Jawa Timur, terlebih yang terjadi di pulau Madura, Hal itu menjadi perhatian pengurus Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) cabang Sampang.

Menjadi Perhatian khusus dari kader-kader penerus ideologi Bung Karno ini, yang ditandai dengan aksi pemberian bunga kepada tim medis dan Gugus Tugas Percepatan Penanganganan Covid 19 di aula Pemkab Sampang, Senin (08/6/2020).

Sebelum agenda penyerahan bunga dilakukan, Dewan Pengurus GMNI Cabang Sampang melalui Bung Ilzamuddin, melakukan dialog dengan jajaran Gugus Tugas yang pimpin oleh Asisten I Asroni S.Sos M.Si.

Bung Ilzam selaku Koordinator aksi GMNI Cabang Sampang mengungkapkan, gelar aksi pemberian bunga tersebut sebagai bentuk dukungan moral kepada jajaran Gugus Tugas dan tim medis atas bentuk pengorbanan dan kerelaannya dalam menangani Covid-19 di Sampang.

“Kami mengamati dan menilai mulai ada kejenuhan dari jajaran Gugus Tugas, ada hal yang kami rasakan terbalik dari saat sebelumnya, dikala masih status zona hijau semuanya kompak untuk melakukan pencegahan, saat sudah masuk zona merah sepertinya mulai berkurang,”ungkap Bung Ilzam

Selain dari itu ia menambahkan, perubahan itu terjadi, maraknya propaganda oknum masyarakat baik di medsos atau di lingkungannya yang berdampak pada ketidak percayaan masyarakat terhadap adanya Pandemi Covid 19 ini. Hal itu berdampak terhadap mental tim Gugus Tugas maupun Tenaga Medis.

Tak lupa dia menegaskan, aksi yang dilakukan untuk memberikan dan memberi semangat kepada Pemkab melalui Gugus Tugas agar semangat penanganan Covid-19 ini bisa dimunculkan kembali.

“Jadi kegiatan ini tidak lain merupakan bentuk dukungan kepada Pemkab melalui Gugus Tugas dan juga tim medis agar semangat yang dahulu kala ada bisa dimunculkan kembali,” tandasnya.

Mengapresiasi gelar aksi peduli tersebut, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Penanganan Covid 19 Kabupaten Sampang, Drs, M. Djuwardi, MM menyampaikan, hal serupa bisa diikuti oleh semua kalangan juga lintas organisasi. Menurutnya, virus corona ini tidak hanya jadi tanggung jawab pemerintah, akan tetapi tanggung jawab semua jajaran aparat terkait dan semua lapisan masyarakat, Untuk itu pihaknya menilai agar masyarakat Sampang khususnya, dapat terbangun kesadarannya.

“Kami berharap tidak hanya GMNI saja, tapi unsur masyarakat yang lain perlu terlibat untuk melakukan hal yang sama, sebab Pandemi Covid 19 bukan hanya tanggung jawab Pemerintah saja,”tutur Drs, M. Djuwardi, MM.

Disampaikan pula bahwa, penilaian ada kejenuhan itu merupakan hal sangat manusiawi. Pasalnya, penanganan Pandemi Covid 19 ini tidak menemui ujung titik akhirnya.

Namun dia menyangkal, adanya kejenuhan Gugus Tugas yang disampaikan oleh koordinator aksi tersebut. Ia menyatakan, hal itu bukan kejenuhan atau semangat juang yang menurun, akan tetapi ada titik titik yang menjadi skala perioritas penanganannya.

“Sebenarnya bukan jenuh atau bosan, kalau dulu kami menurunkan banyak personil seperti di Jembatatan Timbang Jrengik, itu karena zonanya masih hijau dan orang mudik ada sekitar lima puluh ribu. Sedangkan saat ini, penyakitnya sudah didalam. Makanya kami menarik personil itu ditempatkan di penanganan seperti Rumah Sakit,” Imbuhnya

Ditambahkan oleh Bupati Sampang memerintahkan, agar mempercepat pengadaan PCR, yang dinilai menjadi kendala dalam penanganan ini

“Untuk menerima hasil test itu lama, karena harus ke Provinsi dulu sedangkan antriannya panjang,” ujarnya.

Saat di Aula Besar Pemkab Sampang, Bung dan Sarinah GMNI Cabang Sampang ini di terima oleh Jubir Gugus Tugas Drs, M. Djuwardi, MM, Kepala BPBD, Plt Kepala Dinkes, Direktur RSUD dr Muhammad Zyn, Kabag Hukum Setkab, Perwakilan Polres dan Asisten I sebagai Pimpinan Rapat.

Selesai penyerahan bunga di Pemkab, jajaran Pengurus Cabang GMNI ini menuju BLK di jalan Syamsul Arifin, untuk melakukan hal yang sama.(Salim/Red)