Perkembangan Aktifitas Dapur Umum Tagana Masa Karantina Santri PONPES Darus Salam Banyuwangi

0
64

Banyuwangi, (GerakJatim.com) – Kegiatan dapur umum (DU) Tagana yang berdiri gagah di lapangan kaligesing desa karang mulyo kecamatan tegal sari kabupaten banyuwangi provinsi jawa timur, sejak sabtu 29/08 sekira jam 02.00 wib, selalu dipadati dengan ratusan relawan Tagana Dinsos jatim, Pelopor Perdamaian Dinsos jatim, TNI dan instansi terkait dibawah komando BPBD untuk memberikan pelayanan konsumsi pada ribuan santri pondok pesantren DARUS SALAM Blok Agung kabupaten Banyuwangi yang tengah menjalani masa karantina.

 

Kepulan asap dan aroma bumbu masakan turut jadi penghias sempurnanya pemandangan aktifitas para relawan di lapangan. Berdasarkan informasi dari koordinator tagana jawa timur “TWI ADI” dapat kami rilis beberapa tagana kabupaten dan kota yang terlibat pada aksi kemanusiaan tersebut, diantaranya  Tagana Kab. Banyuwangi, Tagana Kab. Jember, Tagana Kab. Situbondo, Tim Fk Tagana Jatim, Tagana Kab. Sidoarjo, Tagana Kab. Pasuruan, Tagana Kab. Tuban, Tagana Kab. Gresik, Tagana Kota Surabaya dan Tagana Kota Malang.

Kegiatan tagana jatim tidak lepas dari bimbingan dan arahan koordinatornya. Sebagaimana yang disampaikan beliau ketika kami komfirmasi ditengah kesibukannya di lokasi, TWI ADI memaparkan bahwa pihaknya akan terus mendampingi dan mensupport anggotanya dalam menunaikan tugas kemanusiaan ini.

“Selama lima hari sejak dapur umum atau DU ini kami gelar dari sabtu kemaren, kami selalu berjuang agar dapat memberikan pelayanan yang sangat baik. Kami menjalankan tugas dengan semangat ibadah, dan kami dalam menjalankan tugas tidak terbatasi oleh ruang dan waktu. Kalau dalam istilah anak muda sekarang Loss Ora Rewel sambil senyum Twi menjelaskan.

Ketika ditanya apa langkah Tagana jatim ketika nantinya ada perpanjangan masa karantina oleh pihak terkait. Twi menjawab “ kan udah kami sampaikan tadi mas, bahwa kami menjalankan tugas tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Maksudnya gini, kami dapat tugas dan mandat kapanpun dan dimanapun selalu siap kami laksanakan, kami pantang pulang sebelum tugas tuntas dan pantang tugas tak tuntas, gitu maksudnya mas” tuturnya berapi-api.

Sutrisno Edi  Koorlap pelopor perdamaian Dinsos kabupaten Banyuwangi, ketika dihubungi by phone mengatakan “anggota kami dari pelopor yang hadir membantu kegiatan DU Tagana tiap hari minimal  tiga orang mas, untuk hari ini yang hadir lima orang dengan tugas yang berbeda, dibagian masak, kontrol jumalah nasi kotak dan kebersihan peralatan piring dan lain-lain” pungkasnya(Syaiful/Red).