Petugas Puskesmas Tegalsiwalan Lakukan Tindakan Preventif Terhadap Masyarakat

0
104

Probolinggo, (GerakJatim.com) – Kepala Puskesmas Kecamatan Tegalsiwalan, Arif Eko Trilianto, SKM bersama segenap Unsur Dinas kesehatan Kabupaten Probolinggo, menkampanyekan pentingnya penggunaan masker bagi warga, Hal itu untuk mencegah penyebaran virus Covid-19, Sabtu (30/05/2020).

Hal tersebut disampaikan Arif saat mengunjungi sejumlah pasar diwilayahnya, Dalam kegiatan tersebut, ia juga membagikan masker terhadap para pedagang dan juga pengunjung, seperti halnya yang dilakukan di pasar Oleran, Desa Blado kulon & pasar Desa Sumber Bulu kecamatan Tegalsiwalan.

Dia menuturkan,“ Masyarakat harus kita berikan edukasi tentang pentingnya memakai masker, secara pasar merupakan salah satu tempat yang sangat relevan dalam terjadinya penyebaran virus covid 19 ini”.

” Kegiatan kita kali ini, merupakan langkah prefenti kami sebagai petugas kesehatan,untuk bisa memastikan bahwa semua warga masyarakat yang ada diwilayahnya, terlebih lagi terhadap semua pedagang dan pengunjung pasar untuk selalu mengikuti protokol pemerintah, dalam mencegah dan memutus penyebaran covid 19″.jelasnya

Saat ditanya tentang pelayanan terhadap pasien di puskesmas, Arif Eko Yulianto sebagai kepala puskesmas menjelaskan.

” Untuk pelayanan terhadap pasien yang berobat di Puskesmas, kami sudah memberikan pelayanan maksimal dan kami juga memberlakukan wajib pakai masker,
Semisal, Kalau mereka batuk, kan tidak terproteksi di petugas kesehatan, Resikonya adalah kita petugas, Jadi kitanya yang harus tegas untuk selalu memberikan edukasi positif tentang pentingnya berpola hidup sehat”.

“Sekali lagi saya menghimbau kepada semua masyarakat, untuk selalu mengikuti protokol pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19 “.Pungkas.

Bapak Kabul dan juga Bidan Eka, selaku bidan desa setempat menambahkan, pihaknya selalu rutin memberikan sosialisasi terhadap semua pasien.

” Memang sampai hari ini tidak ada sanksi sosial bagi mereka, semua masyarakat yang datang berobat akan dilayani dengan secara baik dan maksimal, Namun demikian, para pasien diminta untuk selalu memakai masker, mencuci tangan menggunakan sabun sebelum mulai berinteraksi dengan petugas kesehatan” Pungkasnya.(Shol/Red)