Ratusan Mahasiswa UNITRI Menggelar Aksi Damai, AMPK: Kami Minta Keadilan

0
36

Malang,(GerakJatim.com) – Ratusan mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Peduli Kampus (AMPK) menggelar aksi damai, Kamis (05/03/2021).

Aksi ini dilakukan atas dasar kepedulian mahasiswa terhadap kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak kampus tanpa melihat kenyataan di tengah masa pandemik covid-19, ujar Ahar salah satu mahasiswa yang ikut serta menggelar aksi.

Disampaikan oleh Ahar, kenyataan itu diantaranya:

1. Ekonomi yang terus menurun, kesulitan dalam mencari uang untuk memenuhi biaya hidup dan biaya pendidikan, namun pemotongan biaya yang di berikan kampus 20% sangatlah kecil ditambah dengan persyaratan yang harus di buat cukup rumit, bertele-tele apalagi di saat pandemi seperti ini ruang gerak kita terbatasi dengan protokol kesehatan.

2. Tidak adanya transparansi biaya pendidikan oleh pihak kampus seperti Sumbangan Pengembangan Pendidikan (SPP), registrasi, praktikum dan lainnya.
Mahasiwa hanya di wajibkan membayar tanpa tahu rincian biaya keuangan itu dikemanakan.

3. Sistem pembelajaran yang jauh dari harapan pendidikan yang sebenarnya seperti kebijakan pelayanan yang terkesan selalu memainkan mahasiswa dengan segala peraturan yang berbelit-belit.

Maka dari itu dalam orasinya mahasiswa menyampaikan 3 tuntutan yakni:

1. Menuntut Rektor Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang untuk melakukan pemotongan 50% biaya SPP tanpa persyaratan yang berbelit-belit.

2. Menuntut pihak kampus agar adanya transparansi terkait biaya pendidikan, dalam hal ini rincian biaya SPP, Registrasi, Praktikum dan Bidikmisi.

3. Menuntut Pihak kampus agar memperbaiki sistem pelayanan yang lebih bijaksana, adil dan mengayomi.

Jurnalis UK