Tanpa Ada Gugatan, KPU Sidoarjo Tetapkan Muhdlor-Subandi Bupati Dan Wakil Bupati Terpilih

0
46

Sidoarjo,(GerakJatim.com) – KPU Sidoarjo menetapkan Achmad Muhdlor Ali-Subandi sebagai bupati dan wakil bupati terpilih. Penetapan dilakukan saat rapat pleno terbuka di hotel Jalan Jenggolo. Rapat pleno yang dikawal ketat dipimpin langsung Ketua KPU Sidoarjo Muhamad Iskak.

Ketua KPUD Sidoarjo mengatakan, penetapan itu dilakukan pasca terbitnya surat Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari MK, Rabu 20 Januari 2021. Dalam rapat pleno itu dihadiri forkopimda, bawaslu, sekda, Asisten 1 Pemkab Sidoarjo, Sekwan DPRD, bakesbangpol Sidoarjo, dan perwakilan dari PPK.

“Termasuk juga ketiga paslon dan masing-masing partai pengusung dari paslon. Masing-masing parpol, hanya dibolehkan mendelegasikan dua orang dalam rapat besok,” kata Iskak usai acara penetapan, Jumat (22/1/2021).

Achmad Muhdlor Ali sebagai bupati terpilih mengapresiasi kinerja KPU Sidoarjo dan Bawaslu. Menurutnya, kedua lembaga tersebut bekerja secara profesional dalam kontestasi pilkada Sidoarjo.

“Saya kira ya sesuai proses yang sudah dilalui, memang setelah keluarnya putusan dari MK ada rapat pleno penetapan. Surat dari MK baru penetapan. Walaupun memang kemarin tidak ada gugatan,” kata Gus Muhdlor panggilan akrabnya.

Sementara paslon nomor urut 2 ini mengaku segera melakukan komunikasi dengan sejumlah legislatif satu satunya partai pengusung pada pencalonannya.

“Sekadar bincang-bincang komunikasi terkait PAK. Tujuannya adalah bagaimana secara dini memastikan program yang kita janjikan dulu lebih cepat tereksekusi. Terutama ketua fraksi dan partai, nah ini yang akan kita besok dorong,” terangnya.

Sebelumnya, Pilkada Sidoarjo 2020 diikuti oleh tiga paslon. Dari hasil rekapitulasi KPUD Sidoarjo, paslon nomor urut 2, Gus Muhdlor dan Subandi mendapatkan suara terbanyak dengan 387.766 suara. Di urutan kedua paslon nomor urut 1, BHS-Taufiqulbar meraih 373.516 suara. Sedangkan urutan ketiga paslon nomor urut 3, Kelana Aprilianto-Dwi Astutik dengan perolehan suara sebanyak 212.594 suara.