Debat Kandidat Wali Kota, Andy Budiman Janjikan Surabaya Sejajar Kota Modern Lain Di Dunia

0
47

Surabaya, (GerakJatim.com) – Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar debat untuk menjaring bakal kandidat Wali Kota Surabaya sebagai bagian dari Konvensi Pilkada 2020. Debat digelar secara online untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Salah seorang bakal kandidat, Andy Budiman, menyampaikan visi dan misi politiknya. Ia menuturkan, meski menyandang predikat kota maju kedua di Indonesia, Surabaya masih perlu banyak dorongan dan pembenahan agar tidak jalan di tempat.

Tujuan itu, menurut Andy, hanya bisa tercapai jika kepemimpinan Surabaya ada di tangan generasi baru yang serius bekerja dan berwawasan internasional.

“Itu bisa tercapai dengan syarat jika kepemimpinan berikutnya ada di tangan sebuah generasi yang bersih, profesional dan berorientasi pada kepentingan rakyat banyak, mampu memecahkan masalah secara kreatif dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan punya wawasan internasional,” ujarnya dalam debat yang disiarkan langsung di akun YouTube PSI, Sabtu 4 Juli 2020.

Andy menambahkan, bila ia dipercaya rakyat Surabaya untuk menggantikan Risma, ia akan membawa Kota Surabaya semakin maju dan sejajar dengan kota-kota modern di dunia.

“Surabaya ke depan, dalam pandangan saya harus diperhitungkan sebagai salah satu kota yang sejajar dengan kota-kota modern di dunia. Saya mempunyai latar sebagai jurnalis yang meliput berbagai isu, dari politik, sosial, ekonomi, hingga tata kota, dan mempunyai dasar pemahaman tentang problematika yang dihadapi masyarakat dan perkotaan,” imbuhnya.

Karier sebagai editor di Deutsche Welle, Jerman selama 4 tahun, lanjut Andy, bisa menjadi penopang wawasan internasional yang menjadi modal penting untuk membawa Surabaya sejajar dengan kota modern dunia.

“Juga pengalaman berkampanye menjadi calon anggota legislatif PSI dari Dapil 1 Jawa Timur yang meliputi Sidoarjo dan Surabaya pada Pemilu 2019, memperdalam pemahaman saya tentang Kota Surabaya,” pungkasnya.

Debat Bakal Kadidat Wali Kota Surabaya ini diikuti lima kandidat. Mereka adalah Andy Budiman, Budi Santoso, Dwi Astutik, Sally Azaria, dan Zahrul Azhar Asumta.